https://infocakrawala.online
Apakah Benjolan Hingga Dibelakang Kepala Bayi Bahaya? Ini Penyebabnya - Hardiknas

Apakah Benjolan Hingga Dibelakang Kepala Bayi Bahaya? Ini Penyebabnya

Jakarta

Benjolan Hingga Dibelakang kepala bayi umumnya tidak berbahaya. Biasanya, penyebab benjolan adalah pembengkakan kelenjar getah bening yang disertai pilek atau radang tenggorokan.

Dr Tylor spesialis THT Ke laman Washington Hospital Healthcare System menyebutkan, benjolan Hingga kepala atau leher adalah respon kekebalan tubuh bayi melawan Penyakit Menyebar. Benjolan umumnya Berencana mereda Sesudah satu atau dua minggu.

Tetapi tidak menutup kemungkinan benjolan Hingga Dibelakang kepala bayi Berencana membahayakan keselamatan. Benjolan ini disertai nyeri, demam, dan terus membesar bisa Dari Sebab Itu tanda terjadinya kanker.


Penyebab Benjolan Hingga Dibelakang Kepala Bayi

Munculnya benjolan Hingga Dibelakang bayi dapat disebabkan Situasi berikut:

1. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Benjolan Hingga Dibelakang kepala bayi Lantaran kelenjar getah bening umumnya bersifat Sambil. Dibagian kepala atau leher Mungkin Saja Berencana bengkak dan terasa nyeri diikuti Didalam demam.

Hal ini perlu diwaspadai Lantaran demam adalah tanda bayi membutuhkan antibiotik. Jika benjolan terus membesar lebih Di 2 minggu, segera periksakan Hingga Praktisi Medis Lantaran kemungkinan Tanda limfoma atau kanker kelenjar getah bening.

2. Hemangioma

Hemangioma adalah benjolan merah Lantaran pembuluh darah tidak normal Hingga area kulit kepala, wajah, atau leher. Penyakit ini bukanlah kanker melainkan tumor jinak yang menyerang bayi berusia lebih Di 6 bulan.

Benjolan ini awalnya tampak seperti gigitan kecil, memar, atau jerawat hingga usia 18 bulan. Nantinya benjolan Berencana kempes, Tetapi ada pembedahan atau Terapi oral jika Situasi memburuk. Dr Tylor menyarankan Terapi, jika bayi kesulitan bernapas dan menelan Konsumsi.

3. Kista

Kista adalah salah satu benjolan yang berhubungan Didalam perkembangan bayi Sebelumnya lahir. Sisa jaringan yang tertinggal Hingga kelenjar tiroid menghasilkan kista Hingga saluran tiroglosus Ke leher.

Benjolan bisa muncul Hingga area Dibelakang kepala bayi yang berdekatan Didalam leher. Kista ini dapat diobati Didalam antibiotik atau lebih sering diangkat Melewati pembedahan.

4. Cephalohematoma

Dilansir Di laman Parents, hampir 2,5% Di bayi yang Terbaru lahir Berencana Merasakan benjolan Hingga Dibelakang kepala. Pembengkakan muncul akibat pecahnya pembuluh darah Ke kepala bayi Lantaran tekanan Di melahirkan.

Tetapi Tanda ini tidak menyebabkan nyeri dan rewel Ke bayi. Tidak ada perubahan warna kulit dan benjolan Berencana kempes seiring berjalannya waktu.

Hingga Di Itu, benjolan juga disebabkan benturan atau Kerusakan. Sengatan serangga Hingga area kulit kepala turut memicu timbulnya benjolan mengingat kulitnya yang tipis dan sangat sensitif.

Kapan Benjolan Hingga Dibelakang Kepala Bayi Disebut Berbahaya?

Dikutip Di laman Childrens, berikut beberapa tanda benjolan Hingga Dibelakang kepala bayi yang berbahaya:

  • Benjolan berdiameter lebih Di 1 cm dan keras
  • Ukuran benjolan Lebihterus besar
  • Pembengkakan tidak kunjung reda Sesudah 2 minggu
  • Tanda disertai gangguan pernapasan dan kemampuan menelan Konsumsi
  • Kehilangan nafsu makan dan sering muntah
  • Bayi terus menangis dan merasa tidak nyaman.

Jika bayi Merasakan tanda-tanda tersebut, segera periksakan Hingga Praktisi Medis Bagi Merasakan penanganan khusus. Biasanya Praktisi Medis Berencana melakukan Pewarna Scan, Magnetic Resonance Imaging (MRI), Positron Emission Tomography Scan (PET), atau biopsi jarum jika diperlukan.

Cara Mengatasi Benjolan Hingga Dibelakang Kepala Bayi

Penanganan ini bisa diterapkan jika benjolan tidak berbahaya Bagi Kesejaganan bayi. Berikut beberapa cara yang dapat diterapkan:

  • Memandikan bayi Didalam bersih terutama Hingga area benjolan 2 kali sehari
  • Tidak memencet benjolan dan pastikan menyentuhnya Di keadaan steril dan kuku pendek
  • Menghindari penggunaan penutup kepala yang terlalu ketat
  • Menjaga kebersihan penutup kepala, Busana, dan alas tidur bayi
  • Menghindari posisi tidur Didalam menindih benjolan
  • Jika dibutuhkan dapat mengompres Didalam es batu yang dibalut handuk Di 5 menit.

Orang tua dan lingkungan terdekat wajib waspada jika benjolan Hingga Dibelakang bayi tidak juga kempes. Apalagi jika Situasi benjolan memburuk hingga mengganggu Perkembangan dan perkembangan bayi.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apakah Benjolan Hingga Dibelakang Kepala Bayi Bahaya? Ini Penyebabnya