Bisnis  

Pertamina Foundation Dorong Usaha Berkelanjutan Melewati Langkah CSV

Pertamina Foundation komitmen Mendorong Pembaharuan sosial generasi muda. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Pertamina Foundation menegaskan komitmen Sebagai mendukung Usaha berkelanjutan Melewati inisiatif-inisiatif Langkah creating shared value ( CSV ) dan ISO 26000. Pemimpin Negara Direktur Pertamina Foundation, Agus Mashud S. Asngari mengatakan pihaknya Berencana terus Berkreasi Di Langkah-Langkah yang berdampak positif Bagi Kesejajaran Komunitas,dan upaya-upaya Sebagai menjadikan umur bumi lebih panjang.

“Salah satu Di Langkah yang diapresiasi Dari para juri adalah Langkah PFmuda. Langkah ini Mendorong generasi muda Sebagai peka dan beraksi menuntaskan permasalahan lingkungan sekitarnya, lewat Kejuaraan proyek sosial,” kata Agus Untuk keterangannya, dikutip Minggu (2/6/2024).

Pasalnya, berkat pencapaian Langkah ikonik PFseries dan Carbon Project, Pertamina Foundation berhasil meraih TOP CSR Awards 2024 kategori bintang lima atau berada Hingga level “Ekselen”, dan Top Leader on CSR Commitment 2024 Sebagai Pemimpin Negara Direktur Agus Mashud S. Asngari. Pertamina Foundation dinilai Memperoleh inisiatif-inisiatif Langkah yang Memperkenalkan creating shared value (CSV) dan ISO 26000 serta mendukung Usaha yang berkelanjutan.

“Sama seperti tahun ini, tahun lalu kami juga berhasil memperoleh bintang lima Di TOP Business Melewati TOP CSR Awards. Terima kasih atas apresiasi yang diberikan, ini menjadi Semangat Bagi kami Sebagai terus Berkreasi yang berdampak positif Bagi Kesejajaran Komunitas dan umur bumi lebih panjang,” ujarnya.

Senada, Founder FishGo yang menjadi Mendominasi Kejuaraan PFmuda tahun 2023 mengatakan, PFmuda telah membantu Membuat Keahlian tangkap ikan pihaknya yang bernama Patriot, Bagi para nelayan pantai Kedonganan, Badung, Bali.

Justru, dia mengaku bahwa keresahannya melihat Situasi nelayan Pantai Kedonganan, berhasil terurai berkat Langkah PFmuda tersebut. Pendanaan yang diberikan telah dipakai Sebagai Membuat Keahlian Patriot, berupa fish biomass detector berbasis IoT yang terhubung Di Alat Lunak FishGo.

“Di Langkah Tersebut, penangkapan ikan Merasakan peningkatan Sebab mereka bisa melihat lokasi potensial penangkapan ikan, informasi Yang Terkait Di cuaca, ketinggian gelombang laut, jumlah biomassa ikan Hingga bawah air, dan estimasi waktu dan rute penangkapan terbaik Melewati satu tombol klik Hingga Alat Lunak,” ujarnya.

Sebagai informasi, guna memastikan Sustainability Langkah tersebut, Pertamina Foundation melakukan monitoring dan evaluasi (monev) Pembaharuan para Mendominasi setiap 6 (enam) bulan. Hasil yang diperoleh Menunjukkan bahwa Fishgo Memperbaiki rata-rata hasil tangkapan 100 kg per trip, Di Sebelumnya Itu 80 kg.

Lalu fish biomass detector berbasis IoT mampu mendeteksi keberadaan ikan Hingga bawah air secara realtime hingga kedalaman 70 meter, menghemat waktu penangkapan ikan dan pemakaian bahan bakar. Selain monev, PFmuda juga Menyediakan pendampingan dan pelatihan, salah satunya Mengadakan pelatihan Social Return on Investment bekerja sama Di SocialImpact.ID Sebagai memperkuat kompetensi para Mendominasi.

Mereka diajarkan Sebagai melakukan pengukuran dampak Di Pembaharuan sosial serta metode analisis dampak sosial, ekonomi, dan lingkungan. Link and match juga menjadi manfaat Di PFmuda, salah satu Mendominasi Kejuaraan PFmuda tahun 2022, Agromesia, yang Memperoleh Pembaharuan sosial pengolahan limbah Minuman Kafein menjadi pupuk kompos, direplikasi Sebagai PROPER Emas PGE Ulubelu tahun 2023.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pertamina Foundation Dorong Usaha Berkelanjutan Melewati Langkah CSV