12 Konsumsi Berserat Untuk Ibu Hamil, Bisa Mengatasi Sembelit

Jakarta

Manfaat serat Untuk ibu hamil memastikan organ dan saluran cerna berfungsi Didalam baik. Kecukupan konsumsi serat memastikan ibu terhindar masalah pencernaan seperti konstipasi atau sembelit.

Apa saja Konsumsi tinggi serat yang baik dikonsumsi Pada hamil? Berikut ulasannya.

12 Konsumsi Berserat Untuk Ibu Hami

Mengutip Didalam laman babyfacts, usenourish dan Theprenatalnutritionist, berikut daftar Konsumsi yang bisa menjadi sumber asupan serat Untuk ibu hamil:


1. Alpukat

Alpukat merupakan buah kaya serat Didalam kandungan mencapai 10 gram Untuk ukuran Untuk. Kandungan serat ini bermanfaat Untuk mengatasi sembelit sekaligus membantu tubuh merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga kaya Konsumsi Bergizi esensial lainnya seperti asam folat, kalium, magnesium, dan lemak sehat.

2. Kacang Almond

Kacang almond bisa menjadi alternatif cemilan sehat Untuk dikonsumsi Di hamil. Jenis kacang-kacangan ini mengandung berbagai Konsumsi Bergizi lain misal riboflavin, asam lemak omega-6, dan magnesium yang tentunya dapat menunjang Kesejaganan janin.

3. Biji Chia

Chia seed sangat disarankan Untuk dikonsumsi Di hamil, terutama Hingga trimester pertama. Biji-bijian Didalam tanaman Salvia Hispanica ini mengandung serat tinggi, kalsium, zinc, magnesium, dan fosfor yang dapat Memangkas Tanda konstipasi. Menurut studi Didalam National Library of Medicine, konsumsi biji chia juga terbukti dapat Memperbaiki perkembangan retina dan otak Kandidat buah hati.

4. Kacang Merah

Jenis kacang-kacangan lainnya yang tak kalah bermanfaat Untuk ibu hamil yaitu kacang merah. Untuk 1/2 Cangkir kacang merah, terdapat sebanyak 7,9 gram asupan serat. Selain merupakan sumber serat, kacang merah juga Memperoleh zat besi, mangan, magnesium, fosfor, dan asam folat yang krusial Untuk menjaga Kesejaganan Di masa kehamilan.

5. Pir

Sebagai buah yang mengandung serat tidak larut, konsumsi buah pir dapat menjadi solusi Untuk mengatasi sembelit dan memperlancar sistem pencernaan. Satu buah pir berukuran Untuk menyimpan 5-6 gram serat, kalium, potassium, antioksidan dan vitamin C. Buah pir bisa langsung dikonsumsi Untuk keadaan mentah maupun matang.

6. Pisang

Pisang juga termasuk Untuk daftar buah yang kaya serat. Untuk pisang berukuran Untuk, terkandung 3-4 gram serat yang membantu mengatasi Tanda mual atau morning sickness. Pisang juga mengandung potasium yang mencegah kram kaki Di kehamilan.

7. Kacang Polong

Meski kecil, kacang polong mempunyai beragam Konsumsi Bergizi yang tak boleh disepelekan. Untuk setengah Cangkir kacang polong terdapat 4,4 gram serat larut dan tidak larut. Selain serat, kacang polong menawarkan berbagai kandungan Konsumsi Bergizi lain seperti mangan, asam folat, vitamin A, vitamin C, tiamin, dan protein.

8. Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu menu sarapan yang tidak hanya enak, tetapi juga baik Untuk tubuh. Oatmeal yang kaya kandungan serat mampu mencegah mual dan membuat tubuh terasa kenyang lebih lama.

9. Bayam

Bayam menjadi salah satu sayuran yang wajib dikonsumsi Di kehamilan. Sayuran hijau ini merupakan sumber serat, vitamin A, vitamin K, asam folat, magnesium, serta mangan. Untuk satu takaran cangkir bayam ada Di 4 gram serat. Pastikan Untuk mencuci bersih bayam Sebelumnya dikonsumsi ya.

10. Ubi Jalar

Opsi Konsumsi berserat berikutnya yang baik Untuk ibu hamil yakni ubi jalar. Di 4-5 gram serat terkandung Untuk sebuah ubi jalar berukuran Untuk. Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat, antioksidan, kalium, mangan, vitamin A, vitamin C, hingga vitamin B6.

11. Apel

Lanjutnya, buah apel dapat menjadi Konsumsi kaya serat yang cocok dikonsumsi Pada hamil. Satu buah apel menawarkan kalsium, fosfor, magnesium, kalium dan 4 gram serat. Buah apel bisa diolah menjadi hidangan salad yang lezat dan renyah.

12. Kentang Panggang

Merasakan mual dan sembelit Di masa awal kehamilan? Tenteram saja, konsumsi kentang panggang bisa menjadi cara Untuk mengatasinya. Kentang bisa dipanggang bersama kulitnya Untuk Merasakan asupan serat yang optimal.

Manfaat Serat Di Kehamilan

Asupan serat yang cukup dapat Memberi segudang manfaat Untuk ibu Di periode kehamilan. Mengutip Didalam laman momjunction, berikut beberapa manfaatnyaK

  • Mengontrol kenaikan berat badan Di ibu hamil.
  • Mengontrol kadar gula darah.
  • Memangkas risiko Penyakit jantung.
  • Memangkas risiko komplikasi preeklamsia atau tekanan darah tinggi Pada hamil.
  • Mencegah sembelit atau konstipasi.

Setiap perempuan dianjurkan Untuk memenuhi 28 gram asupan serat harian Di kehamilan. Maka Didalam itu, jangan lupa cukupi kebutuhan serat Didalam rutin mengonsumsi Konsumsi Hingga atas ya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 12 Konsumsi Berserat Untuk Ibu Hamil, Bisa Mengatasi Sembelit