Catat! Pendaftaran Capim dan Kandidat Dewas KPK 26 Juni-15 Juli 2024

Panitia Seleksi Capim dan Kandidat Dewas KPK Periode 2024-2029 telah ditentukan. Pansel Berencana buka pendaftaran Untuk Capim dan Kandidat Dewas KPK Ke 26 Juni 2024 Foto/Gedung KPK/SINDOnews

JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) Kandidat Pimpinan (Capim) dan Kandidat Dewan Pengawas (Dewas) KPK Periode 2024-2029 telah ditentukan. Pansel Berencana membuka pendaftaran Untuk Capim dan Kandidat Dewas KPK Ke 26 Juni 2024.

“Pendaftaran Berencana dimulai Ke tanggal 26 Juni sampai Di 15 Juli 2024,” kata Ketua Pansel Capim KPK, Muhammad Yusuf Ateh Ke Gedung Kementerian Sekretariat Negeri, Jumat (31/5/2024).

Dia mengatakan Pansel Capim KPK Berencana menyampaikan pengumuman pendaftaran Kandidat pimpinan dan Kandidat Dewas KPK Ke 4 hingga 25 Juni 2024. Nantinya, pengumuman Berencana disampaikan Ke media sosial hingga laman KPK.

“Panitia Seleksi mengundang Warga Negeri Indonesia Untuk mendaftar sebagai Kandidat Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan Tahun 2024-2029,” ujarnya.

“Pengumuman pendaftaran Kandidat Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Masa Jabatan Tahun 2024-2029 dimuat Ke media cetak, media elektronik, laman resmi Komisi Pemberantasan Penyuapan dan laman resmi Kementerian Sekretariat Negeri Sebelum tanggal 4-25 Juni 2024,” jelasnya.

Sebagai informasi, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh ditunjuk sebagai Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Kandidat Pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Penyuapan ( KPK ). Hal itu disampaikan Pejabat Tingginegara Sekretaris Negeri (Mensesneg) Pratikno.

Pratikno juga menyebut bahwa Rektor IPB Arief Satria ditunjuk sebagai Wakil Ketua Pansel Capim dan Dewas KPK.

“Pak Ri sudah menetapkan ketuanya adalah Muhammad Yusuf Ateh, beliau kepala BPKP. Lalu wakil ketuanya adalah profesor Doktor Arief Satria, Rektor IPB dan sekaligus beliau kan juga ketua ormas besar ya,” kata Pratikno Ke Kantornya, Kamis (30/5/2024).

Pratikno mengatakan bahwa penunjukan Yusuf sebagai Ketua Pansel Capim KPK sesuai Di peraturan pemerintah yang berlaku.

“Di Sebab Itu itu memang ketuanya ini Untuk unsur pemerintah pusat sebagaimana diatur Untuk PP Nomor 4 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengangkatan Ketua dan Dewas KPK. Ke situ disebutkan bahwa ketuanya adalah Untuk unsur pemerintah pusat, Di Sebab Itu anggotanya total anggota panselnya ada 9 orang 5 Untuk unsur pemerintah pusat dan 4 Untuk unsur Komunitas gitu,” jelasnya.

(maf)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Catat! Pendaftaran Capim dan Kandidat Dewas KPK 26 Juni-15 Juli 2024