Wisata  

Viral Ada ‘Ka’bah’ Berdiri Ke Pemukiman Warga Ke Pati, Kok Bisa?



Pati

Musala berbentuk Ka’bah Ke Kabupaten Pati seketika viral Ke media sosial. Banyak yang bergurau bahwa itu tempat haji jalur cepat.

Musala itu viral Setelahnya diunggah Ke TikTok Bersama akun @rendyeko. Video yang diunggah lima hari yang lalu itu telah ditonton 51 ribu kali dan Menyambut puluhan komentar.

Di postingan itu memperlihatkan bangunan musala berbentuk Ka’bah yang berada Ke permukiman warga. Pengunggah menarasikan info haji yang cepat.


“Info haji jalur cepat woo,” tulisnya seperti dilihat detikJateng, Jumat (31/5/2024).

Setelahnya ditelusuri musala tersebut berada Ke RT 5 RW 3 Desa Trangkil Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati. Musala berbentuk Ka’bah berdiri tanah wakaf milik Aris Solikin (42).

Musala tersebut ternyata belum selesai dibangun, masih ada beberapa tahap penyelesaian pembangunan. Meski begitu, musala itu sudah mulai dibuka Sebagai umum dan tempat ngaji anak-anak Ke Disekitar musala.

Aris mengatakan pembangunan musala itu Sebab perintah Di tempatnya mondok Ke Yayasan Nur Ihsan Ke Rembang. Dia menjelaskan jika selesai belajar Ke Rembang, ada murid yang mewakafkan tanah, maka diminta Sebagai membangun musala berbentuk Ka’bah.

“Yayasan Nur Ihsan bergerak Belajar agama pondok pesantren, ini khusus anak autis,” dia melanjutkan.

Dia mengaku sengaja membangun musala berbentuk Ka’bah Sebab beda Bersama yang lain. Di Itu musala berbentuk Ka’bah menjadi daya tarik Bagi warga.

“Pertama kabah, layaknya musala Di umumnya seperti biasa, kalau Ka’bah jarang, terus daya tarik Kelompok umum itu sangat banyak,” terang dia.

Aris menceritakan pembangunan musala tersebut mulai bulan Januari 2024 ini. Musala berukuran 6×6 meter. Dana yang digunakan kata dia berasal Di sumbangan warga Disekitar.

“Ini dibangun awal Januari 2024, ini proses pembangunan Sebab belum 100 persen tapi sudah digunakan Sebagai salat berjemaah,” ungkap Aris.

“Ini dana sumbangan, habis Biaya kurang lebih total Rp 100 juta belum semuanya, Sebab Di ini pagar belum Karena Itu, terus AC, Sebagai penyedot udara,” Aris melanjutkan.

Dibuka Usai Lebaran

Aris telah membuka musala itu Dari selesai Lebaran lalu. Menurutnya, banyak warga yang berdatangan Sebagai salat dan foto.

“Habis Lebaran kemarin sudah mulai digunakan ibadah Sebagai umum. Lumayan banyak yang ibadah Ke sini, antusias Sebagai foto-foto, Sebagai ibadah banyak sekali, ada juga anak-anak SD mulai ikut keliling tawaf Ke sini,” ungkap dia.

Aris mengaku adanya musala berbentuk Ka’bah merupakan bentuk penanda Sebagai ingat selalu kepada Allah. Di Itu harapan agar nantinya bisa melaksanakan ibadah haji Ke Baitullah melihat secara langsung bangunan Ka’bah.

“Istilahnya ibaratnya mendirikan ini kan semoga kita ingat Di Allah dan bisa Ke Baitullah,” ungkapnya.

Salah satu warga, Sri Lestari, menilai musala berbentuk Ka’bah ini Menarik Perhatian dan unik. Warga penasaran Sebagai melaksanakan salat Ke musala. Sri juga berharap dan berdoa agar bisa langsung pergi Ke Makkah melihat Ka’bah secara langsung.

“Musala berbentuk Ka’bah Menarik Perhatian dan unik. Ya berdoa agar bisa Ke Makkah lihat langsung Ke sana,” jelas Lestari ditemui Ke lokasi.

______________________

Artikel ini telah tayang Ke detikJateng

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Viral Ada ‘Ka’bah’ Berdiri Ke Pemukiman Warga Ke Pati, Kok Bisa?