Tetap Pakai Aki Seperti Beat


Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik tetap membutuhkan baterai kecil atau sering disebut aki walau membawa baterai besar yang fungsinya menggerakkan roda. Aki ini tugasnya menyuplai energi buat Gadget elektronik seperti lampu-lampu, spidometer dan klakson.

Di Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin, energi aki diisi kembali Di spul yang berperan sebagai generator. Sedangkan Di Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik, misalnya Honda EM1 e:, pengisian aki berasal Di baterai besar yang dinamakan Honda Mobile Power Pack.

Agar aki bisa diisi Dari baterai besar, tegangannya diubah lebih dulu Lewat komponen down regulator agar sesuai. Down regulator ini fungsinya mirip kiprok Di Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin.

Aki Di EM1 e: tidak didesain khusus, komponen ini sama seperti digunakan Kendaraan Bermotor Roda Dua populer Honda Beat yakni tipe YTZ4A Didalam spesifikasi 12 volt 3 Ah.

Dealer utama Honda Sebagai kawasan Jakarta dan Tangerang, Wahana Honda, menjelaskan ada perlakuan khusus Sebagai melepas aki EM1 e: yang berbeda Di Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin biasa.

“Sebagai melepasnya juga tidak semudah mengganti aki seperi Di Kendaraan Bermotor Roda Dua bensin. Dan butuh alat khusus yang tersedia Di AHASS Sebagai melepas aki 12 volt Honda EM1 e:,” tulis Wahana Honda Di situsnya.

EM1 e: merupakan Kendaraan Bermotor Roda Dua listrik pertama Honda yang dijual massal Di Indonesia. Kendaraan Bermotor Roda Dua ini dijual mulai Rp40 juta, Tetapi bisa didapat lebih murah Didalam Dukungan Pemerintah Rp7 juta Di pemerintah.

Baterai EM1 e:, yakni Lithium-ion 29,4 Ah yang bertugas menyuplai energi Bagi Kendaraan Bermotor Roda Dua penggerak 1,7 kWh, dilindungi garansi Di dua tahun. Harga baterainya sendiri Rp10 jutaan.




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Tetap Pakai Aki Seperti Beat