Tak Cuma Lansia, Hipertensi Juga Serang Usia Muda! Kenali Dampaknya

Jakarta

Hipertensi atau tekanan darah tinggi tak hanya Di orang dewasa maupun lansia. Malahan orang muda Di Disekitar usia 20 tahun juga rentan Merasakan tekanan darah tinggi.

Dikutip Untuk situs Houston Methodist Hospital, hampir separuh orang dewasa Di atas 20 tahun Memperoleh tekanan darah tinggi, Malahan mereka bisa saja kelihatan sehat. Walaupun tanpa Tanda-Tanda yang jelas, tekanan darah tinggi tetap perlu diperhatikan, Sebab dampaknya yang sangat fatal.

Pasalnya, seseorang yang mengidap hipertensi atau tekanan darahnya lebih Untuk 140/90 mmHg dapat Meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke, Gangguan ginjal kronis, dan disfungsi ereksi.


Hipertensi dapat merusak jantung dan arteri Bersama beberapa cara. Pertama, tekanan darah tinggi memaksa jantung Untuk bekerja lebih keras, yang dapat menyebabkan otot jantung menjadi lebih tebal dan sulit Untuk jantung Untuk memompa darah Bersama efisien.

Di Di Itu, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan penyempitan dan pengerasan arteri, Mengurangi aliran darah yang normal dan Meningkatkan risiko berbagai masalah Kesejajaran yang serius.

Penyebab Hipertensi

Ada beberapa faktor risiko yang dapat Meningkatkan kemungkinan Situasi ini terjadi, yakni:

1. Cara Hidup yang kurang aktif

Seseorang jarang Aktivitasfisik dapat menyebabkan penumpukan lemak dan penurunan Kondisifisik kardiovaskular, yang Di gilirannya dapat Meningkatkan tekanan darah.

2. Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan

Merokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan Meningkatkan tekanan darah, Sambil Itu konsumsi alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi sistem kardiovaskular.

3. Kelebihan berat badan atau obesitas

Kelebihan berat badan juga menjadi faktor risiko utama Untuk hipertensi Di usia muda. Kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan resistensi insulin dan peningkatan produksi hormon tertentu yang dapat Meningkatkan tekanan darah.

Dampak Hipertensi

Di dasarnya hipertensi tidak Menunjukkan Tanda-Tanda yang jelas. Tetapi, apabila tekanan darah tinggi atau hipertensi tak segera diatasi atau dikontrol, seseorang bisa saja merasakan efek Di atau dampaknya. Adapun dampaknya berupa:

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Nyeri dada
  • Mual dan muntah
  • Mimisan
  • Penglihatan buram atau kabur

Cara Mencegah Hipertensi

Tekanan darah tinggi ringan bisa diatasi Bersama melakukan perubahan Cara Hidup, seperti:

  • Aktivitasfisik secara teratur
  • Berhenti atau Mengurangi merokok
  • Memperbaiki pola makan Bersama Mengurangi garam dan lemak, serta Meningkatkan konsumsi buah dan sayuran
  • Menurunkan berat badan
  • Mengurangi konsumsi alkohol

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Tak Cuma Lansia, Hipertensi Juga Serang Usia Muda! Kenali Dampaknya