Wisata  

Musala Berbentuk Ka’bah Di Pati, Simak Cerita Unik Di Baliknya



Pati

Musala Di Kabupaten Pati Menarik Perhatian perhatian warganet Setelahnya viral menyerupai Ka’bah Di Mekkah. Bagaimana cerita Di balik pembuatannya?

Pantauan detikJateng Di lokasi, musala berbentuk ka’bah berada Di Di permukiman warga Trangkil, Kabupaten Pati, Jawa Di. Musala yang bernama Nur Ihsan tepat berada Di pinggir jalan dan bermula Bersama permintaan Bersama seorang guru Untuk pondokan.

Musala berbentuk ka’bah itu belum sepenuhnya selesai. Meski demikian, pemilik musala mempersilakan warga umum Untuk menggunakannya sebagai tempat ibadah.


Aris Solikin (42) mengatakan awal mula mendirikan musala tersebut Sebab perintah gurunya Pada menimba ilmu Di pondok pesantren. Kata dia jika muridnya nanti mewakafkan tanahnya Untuk pembangunan musala. Maka diminta Untuk membuat musala yang berbentuk ka’bah.

“Ini cabang Yayasan Nur Ihsan pusatnya Di Rembang, lah santri muridnya Pak Kiai yang mewakafkan tanahnya Untuk melakukan membangun musala Nur Ihsan berbentuk ka’bah,” jelas Aris ditemui Di lokasi, Jumat (31/5/2024).

Menurutnya, musala berbentuk ka’bah berbeda Bersama yang lain. Musala ini juga menjadi daya tarik warga Disekitar Untuk menjalankan ibadah atau sekadar foto Bersama Di.

“Pertama ka’bah, layaknya musala Ke umumnya seperti biasa, kalau kabah jarang. Terus daya tarik Komunitas umum itu sangat banyak,” kata Aris.

Aris mengatakan biaya pembangunan musala merupakan donasi Bersama warga Disekitar. Pembangunan musala mulai dibangun Dari Januari 2024 lalu. Pada ini proses pembangunan belum sepenuhnya selesai.

Aris masih membuka donasi Untuk warga yang ingin menyumbang Di musalanya tersebut. Sebab beberapa Pada ruangan juga belum dilengkapi seperti AC hingga alat penyedot udara.

“Ini dibangun awal Januari 2024, ini proses pembangunan Sebab belum 100 persen tapi sudah digunakan Untuk salat berjamaah,” kata dia.

“Ini dana sumbangan. Habis Dana kurang lebih total Rp 100 juta belum semuanya, Sebab Pada ini pagar belum Karena Itu, terus AC, Untuk penyedot udara,” dia melanjutkan.

Bersama adanya musala berbentuk ka’bah ini sebagai simbol Untuk mengingat kepada Allah. Di Di Itu sebagai harapan agar kelak bisa kesampaikan Di ka’bah yang ada Di Baitullah Makkah.

“Istilahnya ibaratnya mendirikan ini kan semoga kita ingat Ke Allah dan bisa Di Baitullah,” ungkap Aris.

_________________________

Artikel ini telah tayang Di detikJateng

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Musala Berbentuk Ka’bah Di Pati, Simak Cerita Unik Di Baliknya