Minum Minuman Kafein Hitam Setiap Pagi Bisa Bikin Panjang Umur, Asal…

Jakarta

Kebiasaan minum Minuman Kafein Ke pagi hari ternyata bukan sekadar pendorong stamina Untuk mengusir kantuk. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa rutin mengonsumsi Minuman Kafein hitam setiap pagi dapat membantu memperpanjang usia, Bersama menekan risiko kematian akibat berbagai Gangguan, termasuk gangguan kardiovaskular.

Tetapi, manfaat medis tersebut bisa hilang jika Minuman Kafein yang dikonsumsi dicampur Bersama gula pasir atau krimer secara berlebihan.

Temuan Studi Medis

Studi yang dipublikasikan Untuk The Journal of Nutrition Membahas hubungan Antara asupan Minuman Kafein, termasuk penambahan gula dan lemak jenuh, Pada tingkat kematian Ke Pertumbuhan dewasa Ke Amerika Serikat.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Studi ini menggunakan data Untuk National Health and Nutrition Examination Survey (1999-2018), yang melibatkan 46.222 responden berusia 20 tahun Hingga atas.

Hasil Kajian Menunjukkan bahwa mengonsumsi minimal satu cangkir Minuman Kafein berkafein setiap hari. Hal ini berkaitan Bersama penurunan risiko kematian akibat semua penyebab (all-cause mortality), dan Gangguan kardiovaskular sebesar 16 persen.



Sambil Itu, konsumsi dua hingga tiga cangkir sehari mampu menekan risiko kematian hingga 17 persen. Tetapi, efek perlindungan ini tidak lagi bertambah jika Minuman Kafein dikonsumsi lebih Untuk tiga cangkir sehari.

Peneliti utama studi sekaligus Guru Besar Ke Friedman School, Fang Fang Zhang, PhD, menjelaskan bahwa penambahan gula dan krimer menjadi variabel Kunci yang sering diabaikan penikmat Minuman Kafein.

“Kenyataannya, sebagian besar Untuk kita tidak sekadar minum Minuman Kafein murni. Walaupun Ke Umumnya kita mengira gula dan lemak Mungkin Saja melemahkan manfaat Minuman Kafein, kami ingin membuktikannya secara ilmiah Lewat data berbasis bukti,” terang Zhang, dikutip Untuk Health, Kamis (13/8/2026).

Hasilnya membuktikan, konsumsi Minuman Kafein hitam atau Minuman Kafein rendah gula dan lemak jenuh terbukti menekan risiko kematian sebesar 14 persen. Sebagai Gantinya, manfaat penurunan risiko tersebut hilang Ke kelompok yang gemar menambah gula dan lemak jenuh Untuk jumlah tinggi.

Batas Aman Racikan Minuman Kafein Harian

Untuk studi tersebut, peneliti menetapkan batasan ‘gula tambahan rendah’ yang berdasarkan Food and Drug Administration (FDA). Batasannya yakni Ke bawah 5 persen Untuk Daily Value (DV), atau setara Bersama 2,5 gram (Di setengah Alatmakan teh gula) per cangkir 240 ml.

Sedangkan batasan ‘lemak jenuh rendah’ disetujui berada Ke angka 1 gram per cangkir, yang setara Bersama:

  • 5 Alatmakan makan susu 2 persen lemak
  • 1 Alatmakan makan light cream
  • Setengah Alatmakan makan half-and-half

Ahli gizi Untuk The Ohio State University Wexner Medical Center, Liz Weinandy, MPH, RD, menegaskan bahwa apa yang dicampurkan Hingga Untuk cangkir Minuman Kafein sama pentingnya Bersama kebiasaan minum Minuman Kafein itu sendiri.

Secara medis, kandungan kafein dan flavonoid Untuk biji Minuman Kafein berperan mempercepat metabolisme, Memperbaiki sensitivitas insulin, serta melawan radikal bebas pemicu Gangguan kronis. Tetapi, asupan gula dan lemak jenuh yang tinggi justru merusak metabolisme glukosa dan memicu obesitas.

“Ini memperkuat apa yang sudah kita ketahui-gula dan lemak jenuh tidak baik Untuk Kesejajaran tubuh, Agar konsumsinya tetap harus dibatasi,” tegas Weinandy.

Meski demikian, Zhang mengimbau para penikmat Minuman Kafein Untuk tidak berkecil hati.

“Nikmatilah Minuman Kafein Anda. Sangat positif bahwa kita melihat langsung manfaat Untuk minum Minuman Kafein. Nilai utamanya adalah perhatikan apa yang Anda tambahkan Hingga dalamnya. Jika ingin menambah sedikit susu atau gula, itu tetap boleh, asal tidak melebihi ambang batas aman,” pungkas Zhang.

Halaman 2 Untuk 2

Simak Video “Video Prabowo Bilang Minum Minuman Kafein Bikin Panjang Umur, Beneran Gak Sih?


Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Minum Minuman Kafein Hitam Setiap Pagi Bisa Bikin Panjang Umur, Asal…