Wisata  

BTNK Minta Tarif Pemandu Tak Naik dan Pakai Guide yang Ada



Manggarai Barat

Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) kembali Dari Sebab Itu sorotan Sesudah PT Flobamor hengkang. BTNK berharap pengelola tak naikkan tarif pemandu.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Hendrikus Rani Siga meminta PT Nusa Digital Creative dan PT Pantar Liae Bersaudara mempertahankan tarif jasa pemandu wisata (naturalist guide) Hingga Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berlaku Pada ini.

Kedua perusahaan itu diminta menetapkan tarif naturalist guide sebesar yang dipungut PT Flobamor Pada ini. PT Nusa Digital Creative dan PT Pantar Liae Bersaudara menggantikan PT Flobamor yang kini angkat kaki Bersama TN Komodo.


“Saya minta supaya tetap (tarif naturalist guide Hingga Taman Nasional Komodo),” kata Hendrikus, Sabtu (1/6/2024).

Ia mengatakan dua perusahaan Mutakhir tetap Akansegera mempekerjakan naturalist guide yang dulu berada Hingga bawah PT Flobamor. “Masih tetap pakai naturalist guide yang ada,” ujar Hendrikus.

Adapun tarif naturalist guide yang terakhir diterapkan PT Flobamor Hingga TN Komodo dihitung sesuai panjang lintasan trekking. Ini khusus Untuk tarif naturalist guide Hingga Loh Liang Pulau Komodo.

Badan Usaha Milik Lokasi (BUMD) milik Pemerintah Provinsi NTT itu memungut Rp 200 ribu per 1-5 orang (wisatawan) Untuk short trekking, Rp 250 ribu per 1-5 orang Untuk medium trekking, dan Rp 300 ribu per 1-5 orang Untuk long trekking. Adapun Hingga Pulau Padar, PT Flobamor memungut tarif Rp 150 ribu per 1-5 orang.

Itu adalah tarif terbaru yang dipungut PT Flobamor mulai awal 2024. Tarifnya melonjak tinggi Bersama tarif normal yang berlaku Sebelumnya, yakni Rp 120 ribu per 1-5 wisatawan Untuk semua lintasan trekking. Kendati ditentang keras pelaku wisata Hingga Labuan Bajo, PT Flobamor tetap mempertahankan tarif itu hingga kini angkat kaki Bersama TN Komodo.

Diberitakan Sebelumnya, PT Flobamor kini angkat kaki Bersama TN Komodo. PT Flobamor tidak lagi memungut tiket naturalist guide kepada wisatawan Hingga TN Komodo. PT Nusa Digital Creative dan PT Pantar Liae Bersaudara yang menggantikan PT Flobamor sudah mengantongi izin Ke April 2024.

“Izinnya tanggal 24 dan 26 April 2024. Kalau PT Flobamor itu BMUD, kalau ini (PT Nusa Digital Creative dan PT Pantar Liae Bersaudara) swasta murni,” ungkap Hendrikus, Sabtu (1/6/2024).

Kedua perusahaan itu mengantongi izin yang sama seperti yang dimiliki PT Flobamor Sebelumnya Hingga TN Komodo. Kedua perusahaan itu Akansegera menggantikan PT Flobamor memungut jasa naturalist guide Hingga destinasi wisata Kandidatteratas wisatawan tersebut. Belum diketahui tarif naturalist guide yang ditetapkan dua perusahaan tersebut. “Masing-masing PT hanya mimiliki tiga izin jasa, salah satunya jasa pemanduan,” kata Hendrikus.

Kedua perusahaan itu Memperoleh izin usaha penyediaan jasa wisata alam Hingga TN Komodo Bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Proses pengajuan izin Melewati sistem online single submission (OSS). “Verifikasi Dari KLHK dan sertifikat dikeluarkan Dari kepala BKPM atas nama Pembantu Pemimpin Negara LHK,” jelas Hendrikus.

Pada ini BTNK dan PT Flobamor tinggal menyelesaikan proses administrasi penghentian kerjasama Hingga TN Komodo. Tak ada lagi Karya PT Flobamor Hingga TN Komodo. “PT Flobamor sudah Mengungkapkan ketidaksanggupan menjalankan izin jasanya dan sudah tidak operasional Hingga TNK (Taman Nasional Komodo),” ungkap Hendrikus, Sabtu.

****

Baca berita selengkapnya Hingga sini.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: BTNK Minta Tarif Pemandu Tak Naik dan Pakai Guide yang Ada