Amankah Latihan Seperti Biasa Sesudah Operasi Jantung? Begini Kata Ahli Kemakmuran


Jakarta

Setelahnya operasi jantung selesai dilakukan, setiap pasien Akansegera Memperoleh Perawatan Medis-Perawatan Medis khusus Di Ahli Kemakmuran guna membantu proses Terapi dan mencegah adanya hal-hal buruk terjadi. Banyak yang beranggapan, jantung yang telah dioperasi Akansegera berimbas kepada kekuatan tubuh, Agar mengganggu Kegiatan-Kegiatan seperti Aktivitasfisik.

Ahli Kemakmuran Spesialis Bedah Toraks dan Kardiovaskuler, Dicky Aligheri Wartono, Sp.BTKV(K) mengatakan seseorang Setelahnya operasi jantung membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan Sebagai membuat organnya benar-benar pulih.

“Jantungnya sih 2 minggu langsung sembuh, penyembuhan tulangnya ini butuh Disekitar 4 sampai 6 minggu. Kita yakin (pulih) biasanya Setelahnya 2 bulan,” ujar dr Dicky kepada awak media Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2024).


Yang Terkait Didalam Latihan Sebagai pasien pascaoperasi jantung, dr Dicky mengatakan hal ini aman-aman saja dilakukan meski Di intensitas yang sama seperti Sebelumnya operasi. Tetapi, perlu diperhatikan Sebagai tetap melakukan Latihan yang teratur dan sesuai Didalam kemampuan.

“Prinsipnya Latihan yang teratur satu, kedua sesuai Didalam kemampuan. Patokan sesuai kemampuan apa, Sebelumnya operasi dia ngapain, kan pasiennya udah Di atas 50 kan, dia gak Mungkin Saja punya jenis Latihan Mutakhir kan, tadinya cuma jalan pagi, terus Karena Itu sepedaan kan nggak gitu. Misalnya tentara, tiap hari dia Berlari 10 km, terus serangan jantung, operasi, Di 2 bulan dia bisa Berlari 10 km lagi,” kata dr Dicky.

Ahli Kemakmuran Dicky melanjutkan, Setelahnya adanya intervensi Di jantung, ada kemungkinan munculnya kekambuhan. Hal ini menurutnya perlu menjadi perhatian Di para pasien-pasien yang melakukan operasi jantung.

“Ada (potensi kambuh). Melakukan suatu intervensi Di jantung itu bisa Di yang sangat ringan, sampai Di yang sangat berat. Sangat berat itu yang saya kerjakan, operasi. Sangat ringan itu yang kayak pasang stent, pasang ring. Makin ringan, itu problem pasca-tindakannya makin ringan,” kata dr Dicky.

“Tapi longterm-nya kebalik, yang makin ringan justru makin banyak reintervensi, yang pasang stent Mungkin Saja dua bulan Lalu pasang stent lagi, tiga bulan pasang stent lagi, Setelahnya satu tahun tersumbat harus operasi. Nah kalau operasi, sekali operasi ya sudah, selesai, nggak perlu apa-apa lagi,” sambungnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Amankah Latihan Seperti Biasa Sesudah Operasi Jantung? Begini Kata Ahli Kemakmuran