https://infocakrawala.online
Brrr... Candi Arjuna Dieng Membeku, Suhunya 1,92 Derajat Celcius - Hardiknas
Wisata  

Brrr… Candi Arjuna Dieng Membeku, Suhunya 1,92 Derajat Celcius



Banjarnegara

Kejadian Luar Biasa embun es terjadi Di kawasan candi Arjuna Di Dieng. Suhu Di sana tercatat ‘cuma’ 1,92 derajat celcius.

Dataran tinggi Dieng kembali membeku. Peristiwa itu terjadi Di Rabu (5/6) pagi. Embun es terbentuk Di area Candi Arjuna, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Salah satu wisatan Dieng, Dimas Ferdhiyanto, sempat mengabadikan momen tersebut. Embun yang menempel Di rumput dan plastik mengkristal akibat dinginnya suhu udara Di dataran tinggi Dieng.


“Tadi pagi ada embun es. Karena Itu embun yang ada Di rumput, plastik itu membeku. Kalau lokasinya Di Disekitar area Candi Arjuna dan Candi Setiyaki,” ujarnya, Rabu (5/6).

Ia pun sempat membawa alat pengukur suhu udara termometer. Alat tersebut diletakkan Di permukaan tanah Di area Candi Arjuna. Terlihat suhu terendah pagi sudah mendekati angka 0 derajat.

“Suhu udaranya tadi belum sampai minus. Tadi 1,5 derajat celsius,” sebutnya.

Dimas juga menyampaikan jika hawa dingin Dieng pagi tadi lebih terasa dingin dibanding hari Sebelumnya Itu. Tetapi hawa ini diprediksi Akansegera lebih dingin Pada puncak musim kemarau mendatang.

“Tadi memang lebih dingin Di biasanya. Tapi nanti Pada puncak musim kemarau Akansegera lebih dingin lagi,” kata dia.

Pembuat Langkah alan pengukur suhu udara Dieng, Aryadi Darwanto, mengatakan berdasarkan Langkah suhu udara Di area Candi Arjuna pagi tadi terendah Di 1,92 derajat celsius.

Menurut dia, suhu sedingin itu sudah bisa membuat embun Di area Candi Arjuna membeku.

“Tadi suhu terendahnya 1,92 derajat celsius. Itu menggunakan Langkah pengukur suhu udara yang alat ukurnya saya letakkan Di area Candi Arjuna. Biasanya memang tidak harus suhu sampai minus dulu Untuk keluar embun es,” terangnya.

Ia juga mengatakan, munculnya embun es pagi ini merupakan embun es ketiga Di tahun 2024. Sebelumnya Itu sempat terjadi Di satu pekan Sesudah lebaran Idul Fitri Di awal Bulan Juni 2024 kemarin.

“Ini merupakan embun es ketiga. Sebelumnya Itu Sesudah lebaran sempat ada embun es, terus kemarin juga ada dan hari ini itu yang ketiga,” tambahnya.

——-

Artikel ini telah naik Di detikJateng.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Brrr… Candi Arjuna Dieng Membeku, Suhunya 1,92 Derajat Celcius