https://infocakrawala.online
Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas Berkat BRI - Hardiknas
Bisnis  

Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas Berkat BRI

Sebelum 2017 BRI membantu Kelompok perkampungan Tuan Kentang Palembang memproduksi beragam kain tradisional, seperti songket, blongsong, tajung, atau jumputan berkualitas

PALEMBANG – Bila Anda Hingga Palembang, ada sebuah perkampungan yang menyita perhatian, yaitu perkampungan Tuan Kentang. Terletak Hingga tepi Sungai Ogan, tepat Hingga pertemuan Sungai Musi dan Sungai Ogan, perkampungan ini menawarkan sensasi unik Untuk para pengunjung.

Keunikan itu Antara lain mayoritas Kelompok Hingga kampung ini merupakan perajin kain tenun khas Palembang yang turut menghidupkan potensi Perjalanan Hingga Luarnegeri Area Di puluhan tahun.

Mereka memproduksi beragam kain tradisional Palembang, seperti songket, blongsong, tajung, atau jumputan Didalam Standar yang sangat baik. H. Udin Abdillah, ketua Klaster Usaha Kain Tuan Kentang, menjelaskan bahwa keberadaan klaster tersebut sebagai wadah dan sarana Sebagai saling mendukung dan Menyusun potensi antar perajin.

Udin bercerita bahwa usaha kerajinan kain tenun Tuan Kentang ini sudah dijalankan Di 40 tahun. Awalnya ia terinspirasi Didalam usaha kecil yang dimiliki orang tuanya.

“Dulu saya sempat tinggal Hingga Jakarta, lalu Di tahun 1981 saya memutuskan pindah Hingga Palembang dan belajar kerajinan kain tenun ini Di nol. Akhirnya belajar buka usaha sendiri Di 1984 dan Alhamdulillah berjalan sampai sekarang,” tuturnya.

Kehadiran klaster usaha tersebut berawal Di inisiatif Kelompok Hingga Di. Tujuannya adalah Sebagai Menyusun potensi kain khas Tuan Kentang sekaligus membantu perajin. Di ini, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Memiliki kurang lebih Di 30 anggota yang berada Di satu kawasan kampung tersebut.

“Dulu para perajin kalau punya Produk kan langsung dibawa Hingga pasar Sebagai dijual, tapi tidak ada patokan harga Agar terkadang Merasakan harga yang kurang pantas. Ya memang itu Karena Itu tantangan usaha kecil seperti ini. Didalam adanya klaster, kita Karena Itu bisa naik kelas, punya daya jual yang sesuai Didalam kualitasnya Agar membantu Keadaan anggota juga,” kata Udin.

Naik Kelas Berkat Dukungan BRI
Seiring waktu, Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Lebih berkembang dan dikenal banyak orang. Usaha mereka pun naik kelas berkat Dukungan yang diterima Di BRI Sebelum 2017.

“Karena Itu Di itu kami Merasakan Dukungan penataan lingkungan terlebih dulu. Area Tuan Kentang Di itu kan sudah Karena Itu destinasi wisata, tapi Di sisi lingkungan masih belum tertata. BRI membantu menata dan mempercantik lingkungan Didalam menambahkan mural, Agar Karena Itu lebih bersih dan indah supaya Menarik Perhatian perhatian wisatawan yang berkunjung,” papar Udin.

Hingga Samping Itu, BRI Menyediakan Dukungan berupa alat-alat yang mendukung produktivitas perajin. “Alat-alat yang sekiranya sudah nggak layak kami ganti berkat Dukungan Di BRI,” ucap Udin.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Klaster Usaha Kain Tuan Kentang Palembang Naik Kelas Berkat BRI