https://infocakrawala.online
Hilirisasi Kerek Nilai Perdagangan Keluar Negeri, Luhut Prediksi Sumbangan Di Nikel Rp1.221 Triliun - Hardiknas
Bisnis  

Hilirisasi Kerek Nilai Perdagangan Keluar Negeri, Luhut Prediksi Sumbangan Di Nikel Rp1.221 Triliun

Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan pendapatan Indonesia lewat Aturan hilirisasi bisa tembus USD70 miliar atau setara Rp1.135 triliun. Foto/Dok

JAKARTA – Pejabat Tingginegara Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Asing (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, pendapatan Indonesia lewat Aturan hilirisasi bisa tembus USD70 miliar atau setara Rp1.135 triliun (Kurs Rp16.224 per USD) Di tahun 2028.

Sebab menurutnya, lewat Aturan hilirisasi, terutama Untuk Barang Dagangan nikel, yang Perdagangan Keluar Negeri nantinya tidak lagi berupa bahan mentah, tapi Barang Dagangan setengah Karena Itu atau Karena Itu yang Memperoleh harga yang lebih besar ketimbang sekedar berjualan bahan baku saja.

“Tahun 2028 saya kira ( Perdagangan Keluar Negeri nikel) bisa Di USD75 miliar, Sebab kita sudah produksi kobalt, prekursor, katoda, sel baterai dan lain sebagainya,” ujar Luhut Di Pertemuan Kerja Di Komisi II Wakil Rakyat RI, Selasa (5/6/2024).

Luhut menjelaskan, lewat Aturan hilirisasi telah sukses mendongkrak nilai Perdagangan Keluar Negeri Indonesia jika dibandingkan Di 1 dekade Sebelumnya Itu. Misalnya Di tahun 2013 nilai Perdagangan Keluar Negeri nikel hanya berada Di angka USD2,33 miliar, Lalu Di tahun 2023 lalu nilai Perdagangan Keluar Negeri nikel sudah tembus USD24,28 miliar.

“Kalau bapak lihat slide ini, dulu (nilai) Perdagangan Keluar Negeri (nikel) USD1,5 miliar atau USD2 miliar, tahun lalu kita sudah USD40 Kurs Matauang Amerika, kalau tanpa hilirisasi ekonomi kita Berencana goyang,” sambungnya.

Sambung Luhut menegaskan, Di Di Inisiatif hilirisasi Berencana tetap menjadi fokus Pembaruan pemerintah Sebab telah terbukti menciptakan nilai tambah. Caranya, Di mengundang Penanaman Modal Asing Untuk mengolah bahan baku Di Di negeri, Mutakhir diizinkan Untuk melakukan Perdagangan Keluar Negeri.

“Kami fokus masih menyelesaikan Kalimantan Utara, Sebab Penanaman Modal Asing Di Petrochemical tadi itu Penanaman Modal Asing yang sangat besar, beberapa puluh miliar Kurs Matauang Amerika,” tutup Luhut.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Hilirisasi Kerek Nilai Perdagangan Keluar Negeri, Luhut Prediksi Sumbangan Di Nikel Rp1.221 Triliun