https://infocakrawala.online
Mengejutkan, Anak-anak Ternyata Lebih Percaya Android ketimbang Manusia - Hardiknas

Mengejutkan, Anak-anak Ternyata Lebih Percaya Android ketimbang Manusia

Hasil Eksperimen menemukan fakta anak-anak lebih percaya Android daripada manusia. (Foto: Wionews) 

JAKARTA – Sebuah Eksperimen Memikat menemukan fakta bahwa anak-anak lebih percaya robotdaripada manusia.Eksperimen yang dipublikasikan Di jurnal Computers in Human Behavior ini menemukan anak-anak lebih berempati ketika Android melakukan Kegagalan. Sebanyak 111 anak berusia Di 3-6 tahun menjadi respondennya.

Melansir Wionews, Rabu (5/6/2024), para peneliti ingin mengetahui sumber informasi yang cenderung disukai dan dipercaya Dari anak-anak ketika mereka harus berurusan Di data Untuk jumlah besar setiap hari, baik offline maupun online.

“Pertanyaannya Setelahnya Itu, ketika anak-anak dihadapkan Di pernyataan-pernyataan yang kontradiktif, bagaimana mereka memutuskan Untuk siapa mereka Berencana belajar?” tulis para peneliti Untuk makalah yang diterbitkan.

Peneliti pun mulai membagi responden menjadi beberapa kelompok. Mereka menyimak Sinema yang memerlihatkan kerja manusia dan Android Pada memberi label Di objek Terbaru dan objek familiar. Manusia dan Android diuji berdama Di meminta mereka memberi label yang salah Di benda-benda, misalnya menyebut Piring sebagai Alat. Para peneliti ingin menilai persepsi anak-anak tentang siapa yang lebih bisa mereka percayai.

Ternyata, responden lebih suka meminta Android memberi label Di objek Terbaru dan Merasakan label tersebut sebagai kebenaran. Menariknya, mereka lebih cenderung berbagi rahasia Di Android dibandingkan Di manusia.

“Ide anak-anak tentang agen yang melakukan Kegagalan juga beragam. Artinya, manusia yang tidak dapat dipercaya diasumsikan bertindak Di sengaja, sedangkan Android yang tidak dapat dipercaya tidak dipilih,” tulis para peneliti.

Hasil ini Menunjukkan bahwa persepsi anak-anak Pada Android tidak bergantung Di evaluasi mereka Pada daya tarik Android sebagai mitra Keterlibatan sosial atau kompetensi perilaku yang dirasakan.

Perbedaan kecil juga ditemukan Di tanggapan anak-anak Untuk kelompok umur yang berbeda. Misalnya, anak-anak yang lebih besar cenderung lebih memercayai Android dibandingkan anak-anak yang lebih kecil. Tetapi, para peneliti menyimpulkan bahwa apa yang diinginkan Untuk sebuah Android masih menjadi pertanyaan terbuka Untuk Eksperimen berikutnya.

MG/Muhammad Rauzan Ranupane Ramadan

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Mengejutkan, Anak-anak Ternyata Lebih Percaya Android ketimbang Manusia