https://infocakrawala.online
All Eyes on Papua Bersama Suku Awyu dan Moi Selamatkan Hutan Adat - Hardiknas
Wisata  

All Eyes on Papua Bersama Suku Awyu dan Moi Selamatkan Hutan Adat



Jakarta

Akhir-akhir ini postingan tentang All Eyes on Papua ramai Ke semua lini media sosial. Apa sih yang terjadi Ke tanah Papua dan siapa Suku Awyu dan Suku Moi?

Poster deretan pohon dan warga beriringan Bersama tulisan All Eyes on Papua digaungkan Di hari-hari terakhir Melewati media sosial. Versi lain poster berisi penjelasan dan gambar bola mata besar-besar serta ajakan teken petisi Ke situs change.org.

Petisi itu berupa ajakan Untuk mendukung Kelompok adat Papua, Suku Awyu Untuk mempertahankan hutan adat Di kebun sawit Ke kawasan Boven Digoel, Papua Selatan. Adapun, Suku Moi mempertahankan hutan adat mereka Ke kawasan Sorong, Papua barat Daya.


Mereka juga bertekad memulihkan hak-hak adat yang telah dirampas.

Upaya mereka gagal.

Berikut tentang All Eyes on Papua dan Perjuangan Suku Awyu:

1. Suku Awyu dan Moi Melakukan Aksi Massa Ke Didepan Gedung MA

Di akhir Mei 2024, Suku Awyu dan Moi bersama perwakilan organisasi Kelompok sipil Melakukan Aksi Massa Ke Didepan Gedung Mahkamah Agung, Jakarta. Mereka meminta MA membatalkan izin perusahaan sawit yang Ditengah mereka lawan.

Pembatalan izin perusahaan sawit ini tidak hanya dapat memulihkan hak-hak Kelompok adat yang telah dirampas, tetapi juga bisa menyelamatkan hutan Ke Papua.

2. Suku Awyu dan Moi menggugat pemerintah

Suku Awyu dan Moi Di Papua bertekad memulihkan hak-hak adat yang telah dirampas dan menyelamatkan hutan Papua. Gugatan itu bermula Di pemerintah provinsi yang Mengeluarkan izin kelayakan lingkungan hidup Untuk PT Indo Asiana Lestari (IAL) yang mengantongi izin lingkungan seluas 36.094 hektar. Sebagian izin tersebut berada Ke hutan adat marga Woro, Dibagian Di suku Awyu.

Gugatan tersebut kandas Ke Lembaga Proses Hukum tingkat pertama dan kedua. Maka Itu, suku Awyu mengajukan permohonan kasasi kepada MA Yang Berhubungan Bersama Peristiwa Pidana tersebut. Mereka berharap MA dapat mengabulkan kasasi tersebut Supaya hutan Papua tetap terjaga.

3. Hutan Sumber Kehidupan

Untuk Suku Awyu dan Suku Moi, hutan merupakan sumber kehidupan. Mulai Di sumber oksigen, Ketahanan Pangan, air, Adat Istiadat Dunia, hingga jejak peninggalan leluhur. POtensi lainnya adalah air yang bisa dijadikan sumber energi, cadangan karbon, dan ekowisata.

Hutan itu terancam hilang Sesudah izin dikeluarkan Untuk pembabatan hutan Untuk proyek perkebunan kelapa sawit Bersama PT Indo Asiana Lestari (IAL) seluas seluas 36.094 hektar.

Malahan, Sebelumnya hutan adat Suku Awyu terkikis Sesudah hutan dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit terbesar Ke Indonesia Melewati Proyek Tanah Merah. Proyek ini Akansegera dioperasikan tujuh perusahaan, yakni PT MJR, PT KCP, PT GKM, PT ESK, PT TKU, PT MSM, dan PT NUM.

Serupa, Kelompok Suku Moi juga menentang dan menolak pembabatan Ke hutan adat mereka yang proyek perkebunan kelapa sawitnya dimiliki Bersama PT Sorong Agro Sawitindo (SAS) yang Akansegera menghabisi Di 18 ribu hektar hutan.

izin itu seperti merampas legal hak atas ruang hidup Kelompok adat Ke Papua yang sedari dulu telah hidup berdampingan Bersama alam.

4. Jika Kebun Sawit Muncul, CO2 yang Dihasilkan

Andai kedua proyek itu terlaksana maka Akansegera menghasilkan 25 juta ton CO2 dan Akansegera Lebihterus memperparah krisis iklim yang terjadi Di ini.

5. Tentang Suku Awyu dan Suku Moi

Suku Awyu disebut juga sebagai Awya. Suku adat itu mendiami Lokasi aliran Sungai Digoel Ke Pesisir Papua Selatan. Lokasi itu masuk Ke Daerah Kabupaten Mappi. Lokasi itu juga didiami Bersama orang Yahraim dan orang Muyu Ke Dibagian baratnya.

Menurut sensus penduduk tahun 2017, jumlah Pertumbuhan Suku Awyu berkisar 27.300 jiwa.

Sebagian besar mata pencaharian suku tersebut adalah pemburu dan peramu. Konsumsi utama mereka yakni seperti sebagian besar Kelompok Ke Papua, yakni sagu. Samping Itu, mereka juga berburu ikan dan udang, Sebab mereka tinggal Ke Didekat Lokasi sungai atau rawa.

Di Di Yang Sama, Suku Moi merupakan salah satu suku Ke Papua Barat Daya. Mereka mendiami Kota Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan Raja Ampat.

Mata pencarian utama suku ini adalah berkebun dan mengelola hutan.

Suku Moi Memiliki pandangan filosofis Pada hutan sebagai ibu kandung atau tam sinih Di bahasa lokal. Di berkebun dan mengelola hutan, mereka mengacu kepada yegek (larangan) mengonsumsi hasil tanah berlebihan Supaya terjadi konservasi tradisional.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: All Eyes on Papua Bersama Suku Awyu dan Moi Selamatkan Hutan Adat