https://infocakrawala.online
Himpun 250.000 Anggota, Total Omzet Toko SRC Tembus Rp236 T - Hardiknas
Bisnis  

Himpun 250.000 Anggota, Total Omzet Toko SRC Tembus Rp236 T

Media Talkshow Bersama SRC 16 Tahun Konsisten Melangkah #JadiLebihBaik Sebagai Usaha Kecil Menengah Berkelanjutan Hingga Jakarta. FOTO/Isra Triansyah

JAKARTA – Di 16 tahun berdiri, Sampoerna Peritel Community (SRC), jaringan toko kelontong Hingga Indonesia, telah berperan aktif Di menjaga Sustainability sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (Usaha Kecil Menengah). Berbasis pendampingan dan pembinaan toko kelontong, kini ada lebih Di 250.000 toko kelontong yang tergabung Di ekosistem SRC. Jumlah tersebut Menimbulkan Kekhawatiran signifikan dibandingkan Ke awal berdiri Hingga tahun 2008, hanya ada 57 toko kelontong yang bergabung.

“Tidak hanya Ke jumlah anggota, tapi kami melihat ekosistem SRC bertransformasi dan berdampak, Lewat pemberdayaan dan membangun SDM yang kuat dan solid. Toko kelontong yang bergabung Bersama SRC Memiliki nilai tambah, yaitu lebih fleksibel dan dapat Bersama cepat Mengadaptasi Di perubahan,” ujar Direktur PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) Romulus Sutanto Di media talkshow, dikutip Selasa (4/6/2024).

Pembinaan SRCIS Di toko SRC, lanjut Romulus, telah Mendorong peningkatan daya saing yang ditandai Bersama peningkatan omzet sebesar 42% Sesudah bergabung. Bukan Hanya Itu, Perkembangan dan Inovasi juga tercipta ketika toko SRC berhasil Membuat usahanya Sesudah menjadi anggota. Sebanyak 77% toko SRC berhasil memperluas jenis usahanya, yang bervariasi mulai Di penjualan produk digital, jasa pembayaran, agen, dan Gadget Lunak.

Studi Kompas Gramedia (KG Media) 2023 Menunjukkan kontribusi SRC Untuk perekonomian nasional, total omzet Hingga seluruh Toko SRC secara nasional diperkirakan mencapai Rp236 triliun Ke tahun 2022. Angka itu setara Bersama 11,36% Di produk domestik bruto (PDB) Peritel Nasional (Perdagangan Besar dan Eceran, bukan Kendaraan Pribadi dan Sepeda) senilai Rp2.077,43 triliun.

Pembaruan Usaha Kecil Menengah berbasis komunitas dan jaringan menjadi kekuatan utama SRC, dan terbukti membawa dampak Untuk anggotanya. Dampak yang diciptakan Bersama SRC Di ekosistemnya Hingga antaranya, pertama Aspek Kemampuan Usaha Supaya terjadi peningkatan kemampuan usaha Sesudah pembinaan berkelanjutan tentang pengelolaan toko dan Pengelolaan Uang.

Kedua, Aspek Relasional, anggota SRC menjadi lebih tanggap, tangguh, dan mampu membagikan Inspirasi, pengetahuan, dan pengalamannya kepada sesama pemilik toko kelontong. Ketiga, anggota SRC merasakan peningkatan kepercayaan diri dan mampu membuat perubahan, baik Di memenuhi kebutuhan sehari-hari, kebutuhan sehari-hari, Memperbaiki Kesejaganan keluarga, hingga memberi manfaat Untuk komunitas Hingga sekitarnya.

Ekonom Senior sekaligus Dosen Fakultas Ekonomi dan Usaha Universitas Indonesia Fithra Faisal Hastiadi mengatakan, pendampingan dan pembinaan Usaha Kecil Menengah menjadi penting Sebab kontribusi dan peran penting Usaha Kecil Menengah sebagai pilar penting Di perekonomian Indonesia. Ia mengemukakan, 61% PDB ekonomi Indonesia disokong Bersama Kegiatan para pelaku Usaha Kecil Menengah. Maka Itu, Fithra mengapresiasi SRCIS yang secara konsisten telah hadir membina dan mendampingi Usaha Kecil Menengah.

“SRC sudah ada Di 16 tahun, artinya sudah berjalan secara berkesinambungan. Apa yang dilakukan SRC harus Bersama Sebab Itu contoh Untuk yang lain Di Pembaruan Usaha Kecil Menengah, dan Malahan pemerintah dapat menerapkan community based ecosystem ini,” katanya.

Fithra juga mengapresiasi peran aktif SRC Di kemajuan Usaha Kecil Menengah, Kelompok sekitarnya, dan perekonomian. Menurutnya, SRC dapat menjadi contoh Inisiatif pemberdayaan Usaha Kecil Menengah yang berdampak positif.

“Kalau satu komunitas saja sudah bisa menyumbang begitu besar, jika pemerintah bisa Membuat komunitas lain pasti Akansegera sangat bermanfaat sekali. Tidak ada salahnya menjadikan SRC sebagai salah satu contoh buat Pembaruan komunitas Usaha Kecil Menengah lainnya,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Himpun 250.000 Anggota, Total Omzet Toko SRC Tembus Rp236 T