https://infocakrawala.online
Fakta-fakta Gangguan Batu Ginjal, Pakai Cobek dan Ulekan Batu Bukan Didalam Sebab Itu Pemicu - Hardiknas

Fakta-fakta Gangguan Batu Ginjal, Pakai Cobek dan Ulekan Batu Bukan Didalam Sebab Itu Pemicu

Jakarta

Viral Ke media sosial unggahan video yang menyebut ulekan berbahan batu dapat menyebabkan batu ginjal. Pengunggah konten tersebut menuturkan hal tersebut diakibatkan Didalam pasir-pasir yang ada Di ulekan tersebut.

Spesialis urologi dr Nur Rasyid, SpU menuturkan bahwa hal tersebut merupakan salah kaprah. Memakai cobek dan ulekan batu ditegaskan tidak ada kaitannya Didalam penyebab batu ginjal.

“Salah kaprah itu. Didalam Sebab Itu kalau orang makan apapun yang diserap bukan batunya, misal pasir sekalipun. Tapi elektrolitnya, Sebab dia Melewati darah,” kata dr Rasyid ketika dihubungi detikcom, Senin (3/6/2024).


Fakta-fakta Batu Ginjal

1. Penyebab Batu Ginjal

Terdapat beberapa faktor penyebab yang membuat seseorang Merasakan masalah batu ginjal. Beberapa Ke antaranya adalah kurang minum air putih, pola makan, kurang Latihan, riwayat keluarga, hingga obesitas dan komorbid lainnya.

“Kurang minum air putih itu bisa menyebabkan terjadinya Situasi dehidrasi. Agar nantinya volume urine bisa menjadi rendah,” kata spesialis urologi dr Hilman Hadiansyah, SpU ketika dihubungi detikcom terpisah.

“Samping Itu, pola makan yang terlalu banyak konsumsi Konsumsi mengandung garam dan kristal pembentuk batu seperti kalsium, oksalat, dan asam urat juga bisa menjadi beberapa pencetusnya,” sambungnya.

2. Faktor Risiko Batu Ginjal

dr Hilman menjelaskan Gangguan batu ginjal dapat dialami Didalam orang Didalam segala umur. Secara Keseluruhan, setiap orang Memperoleh risiko sebesar 5-10 persen Bagi Merasakan batu ginjal Pada hidupnya.

“Kebanyakan pengidapnya berusia 30-60 tahun Didalam
studi Menunjukkan Peristiwa Pidana Di laki-laki lebih banyak daripada perempuan, rasio laki-laki dibanding perempuan sebesar 3:1,” jelas dr Hilman.

“Tetapi, sudah Lebih berkurang berkaitan Didalam faktor resiko seperti Life Style, obesitas, dan kecenderungan pola makan,” tambahnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Fakta-fakta Gangguan Batu Ginjal, Pakai Cobek dan Ulekan Batu Bukan Didalam Sebab Itu Pemicu