https://infocakrawala.online
Wow! Keju Tertua Hingga Dunia Ditemukan, Karena Itu Olesan Mumi Hingga China - Hardiknas

Wow! Keju Tertua Hingga Dunia Ditemukan, Karena Itu Olesan Mumi Hingga China


Jakarta

Keju punya sejarah panjang dan Memikat. Mutakhir-Mutakhir ini peneliti Membeberkan jejak keju tertua Hingga dunia ada 3.600 tahun lalu, ketika keju dijadikan olesan mumi Hingga kuburan China!

Keju yang banyak dikonsumsi sekarang adalah hasil Bersama penemuan dan perjalanan yang sangat panjang. Terbaru, peneliti menemukan jejak keju tertua Hingga dunia yang sudah ada Sebelum ribuan tahun lalu.

Mengutip New York Post (25/9/2024), para peneliti berhasil Memikat untaian DNA Bersama apa yang mereka yakini sebagai keju tertua Hingga dunia. Sampelnya diambil Bersama kuburan China Disekitar tahun 2.000 SM.


Jenisnya merupakan keju kefir, mirip seperti pengganti cream cheese Ke era modern Pada ini. Uniknya, keju itu dioleskan atau ditaburkan Hingga Disekitar kepala dan leher mayat yang diawetkan (mumi) yang berasal Bersama Antara 3.300 hingga 3.600 tahun yang lalu.

Lokasinya Hingga Cekungan Tarim, barat laut China. Hal ini diungkap para peneliti Di jurnal Cell.

Awalnya peneliti belum mengetahui pasta zat berwarna putih yang ditemukan Ke mumi Hingga pemakaman suku Xiaohe. Akan Tetapi, Mutakhir-Mutakhir ini mereka memastikan bahwa zat tersebut adalah keju.

“Hidangan seperti keju sangat sulit diawetkan Di ribuan tahun, Supaya temuan ini menjadi sesuatu yang langka dan berharga,” kata peneliti Qiaomei Fu.

Bersama mempelajari keju kuno secara rinci, ia menyebut dapat membantu manusia Pada ini Untuk lebih memahami pola makan dan Kebiasaan Global nenek moyang.

Keju tersebut ditemukan mengandung DNA susu sapi dan kambing. Keberadaan bakteri jamur yang sesuai Bersama biji kefir modern juga ditemukan Supaya memungkinkan peneliti melacak garis keturunannya.

Salah satunya, bakteri Lactobacillus pembuat keju Pada ini. Bakteri baik ini diperkirakan berasal Bersama China dan Rusia.

Foto ini diyakini sebagai potret keju tertua Hingga dunia. Foto: New York Post

Eksperimen ini juga mengungkapkan bahwa bakteri tersebut Bisa Jadi telah menyebabkan stabilisasi genetika dan peningkatan fermentasi susu Bersama waktu Hingga waktu.

“Ini adalah Eksperimen yang belum pernah terjadi Sebelumnya Itu, yang memungkinkan kita Memperhatikan bagaimana bakteri berevolusi Di 3.000 tahun terakhir. Di Itu, Bersama meneliti produk susu, kita memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang kehidupan manusia purba dan interaksinya Bersama dunia,” kata Fu.

“Ini Mutakhir permulaan, dan Bersama Keahlian ini, kami berharap dapat menjelajahi artefak lain yang Sebelumnya Itu tidak diketahui,” tutup Fu.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Wow! Keju Tertua Hingga Dunia Ditemukan, Karena Itu Olesan Mumi Hingga China