https://infocakrawala.online
Indonesia Bangsa Rawan Bencana, Menko PMK Minta Komunitas Miliki Kewaspadaan - Hardiknas

Indonesia Bangsa Rawan Bencana, Menko PMK Minta Komunitas Miliki Kewaspadaan

Menko PMK Muhadjir Effendy mengingatkan kesadaran dan kewaspadaan bencana harus dimiliki seluruh Komunitas Indonesia. Foto/SINDOnews/binti mufarida

JAKARTA – Pembantu Presiden Pembantu Presiden Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengingatkan kesadaran dan kewaspadaan bencana harus dimiliki seluruh Komunitas Indonesia. Mengingat, Indonesia ditakdirkan menjadi Bangsa yang selalu diliputi bencana.

Apalagi, Kemakmuran geografisnya yang berada Hingga Daerah cincin api atau “ring of fire”. Muhadjir menyampaikan, Indonesia merupakan Bangsa yang Memiliki risiko bencana superkompleks. Risiko bencana geologi disebabkan Sebab Indonesia berada Hingga Cincin Api Pasifik. Letak geologi ini menciptakan Megathrust dan 127 gunung api aktif yang bisa memicu gempa serta Bencana Alam.

Menurut Muhadjir, keberadaan gunung api ini Memiliki dampak langsung dan tidak langsung Di keberadaan bencana Hingga Indonesia. Bencana langsung akibat cincin api seperti erupsi, lahar dingin, Sambil yang tidak langsung kita berada Hingga atas lempengan patahan bumi yang setiap Pada bisa bergerak.

“Kita ini sudah ditakdirkan Di Tuhan Yang Maha Kuasa berada Hingga atas bumi yang penuh bencana Di segala konsekuensinya. Sebab itu, tidak ada pilihan lain Untuk bangsa Indonesia ini kecuali bagaimana bersikap positif, proaktif, antisipatif Di berbagai macam bencana yang ada Hingga Bangsa kita,” ujar Muhadjir, Selasa (24/9/2024).

Muhadjir menyampaikan, Di kenyataan bencana Berencana selalu ada Hingga Indonesia, maka langkah terpenting Untuk BNPB selaku penanggung jawab kebencanaan, dan juga seluruh unsur Komunitas adalah membangun kesadaran dan kewaspadaan Berencana bencana yang pasti Berencana ada.

“Menjadi tanggung jawab kita semua Sebagai melakukan Pelatihan gerakan penyadaran Di Komunitas, dan juga terus menanamkan sikap waspada Di bencana yang setiap Pada Berencana kita hadapi,” ungkapnya.

Muhadjir menyampaikan, beberapa bencana kerap kali berulang seperti Genangan Air bandang ataupun Genangan Air lahar dingin. Akan Tetapi, Hingga beberapa Lokasi yang menjadi langganan bencana tersebut, justru masyarakatnya sering teledor dan tidak waspada Berencana bencana yang mengancamnya, Agar sering jatuh banyak korban jiwa.

“Makanya perlu ada Pelatihan, perlu data, perlu menanamkan nilai kewaspadaan Di seluruh warga Komunitas terutama anak-anak didik kita Hingga sekolah-sekolah Berencana pentingnya bencana ini. Seluruh pulau Hingga Indonesia itu terancam Di bencana,” tambahnya.

Muhadjir menekankan, perlu ada Pelatihan, penanaman nilai kewaspadaan, dan juga mengenai data geografis dan kerawanan lokasi yang ditinggali Komunitas Sebagai bisa Menantikan terjadinya bencana.

“Saya sangat mendukung ide gagasan yang sangat bagus Di BNPB Sebagai Menyusun kegiatan yang sifatnya penyadaran dan Pelatihan,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Indonesia Bangsa Rawan Bencana, Menko PMK Minta Komunitas Miliki Kewaspadaan