https://infocakrawala.online
Mulai Banyak Pasien Kanker Payudara Usia Muda Hingga RI, Praktisi Medis Ungkap Pemicunya - Hardiknas

Mulai Banyak Pasien Kanker Payudara Usia Muda Hingga RI, Praktisi Medis Ungkap Pemicunya


Jakarta

Kanker payudara masih menjadi momok yang mengerikan Bagi banyak orang. Kanker jenis ini menjadi Penyakit nomor satu yang bisa menyerang wanita, meski demikian kanker ini tak hanya dialami wanita, pria juga bisa mengalaminya.

Kanker payudara juga tak memandang usia, terlebih tak sedikit wanita usia muda yang divonis mengidap kanker payudara.

Spesialis Penyakit Di konsultan hematologi-onkologi Dr dr Andhika Rachman SpPD-KHOM mengatakan Hingga Indonesia ada kecenderungan peningkatan jumlah Tindak Kejahatan kanker payudara Di wanita Hingga usia muda. Mengacu Di Eksperimen, faktor genetik, Cara Hidup modern, dan paparan bahan kimia berbahaya berkontribusi Pada Gaya ini.


“Beberapa studi Menunjukkan bahwa kanker payudara lebih sering terdiagnosis Di perempuan usia Hingga bawah 40 tahun, dibandingkan beberapa dekade lalu ketika sebagian besar Tindak Kejahatan terjadi Di usia yang lebih tua,” katanya Di dihubungi detikcom, Senin (9/9/2024).

Di Itu, kata dr Andhika, beberapa faktor seperti menunda kehamilan, penggunaan kontrasepsi hormonal, dan perubahan pola hidup Dikatakan berpengaruh.

“Tetap penting Bagi Komunitas Sebagai Memperbaiki kesadaran tentang deteksi dini Lewat pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dan SADANIS (Pemeriksaan payudara secara klinis),” sambungnya lagi.

Hingga sisi lain, dr Andhika juga mengungkapkan jenis kanker payudara yang paling sering diidap wanita, salah satunya karsinoma duktal invasif (invasive ductal carcinoma, IDC).

“IDC bermula Hingga saluran (duktus) yang membawa susu Di kelenjar susu Hingga puting, lalu menyebar Hingga jaringan payudara sekitarnya. Jumlahnya kurang lebih 70-80 persen Di semua Tindak Kejahatan kanker payudara,” katanya.

Di Itu, ada juga jenis karsinoma lobular invasif (invasive lobular carcinoma, ILC), dimulai Hingga lobulus, tempat produksi ASI, Kendati lebih jarang dibandingkan IDC.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Mulai Banyak Pasien Kanker Payudara Usia Muda Hingga RI, Praktisi Medis Ungkap Pemicunya