https://infocakrawala.online
Bukan Ulekan Batu, Ahli Kemakmuran Sebut Hal Sepele Ini Bisa Dari Sebab Itu Penyebab Batu Ginjal - Hardiknas

Bukan Ulekan Batu, Ahli Kemakmuran Sebut Hal Sepele Ini Bisa Dari Sebab Itu Penyebab Batu Ginjal


Jakarta

Viral Ke media sosial sebuah postingan yang menyebutkan bahwa menggunakan ulekan batu Sebagai memasak bisa berbahaya Sebagai Keadaan ginjal. Orang Di konten itu mengklaim gesekan Di ulekan batu dapat Menerbitkan pasir yang apabila masuk Ke Di tubuh bisa menjadi masalah batu ginjal.

“Ulekannya itu bakal terkelupas dan berpasir, pasir-pasir ini nanti masuk Ke Minuman, masuk Ke Di tubuh kalian, dan bisa menyebabkan batu ginjal. Dari Sebab Itu kalau mau pakai cobeknya batu, pakai ulekannya yang kayu,” kata orang tersebut Di video yang muncul Ke media sosial X.

Lantas apakah benar menggunakan ulekan batu dapat menyebabkan masalah batu ginjal? Ahli Kemakmuran spesialis urologi dr Nur Rasyid, SpU mengatakan Secara Keseluruhan Minuman yang masuk Berencana diserap Ke Di tubuh Di bentuk cairan.


Di Peristiwa Pidana pembentukan batu ginjal, dr Rasyid berkata tubuh Berencana menyerap elektrolit Di Minuman, Lewat peredaran darah, dan akhirnya dibawa Ke ginjal.

“Dari Sebab Itu kalau orang makan apapun yang diserap bukan batunya, misal pasir sekalipun. Tapi elektrolitnya Lantaran dia Lewat darah,” kata dr Rasyid ketika dihubungi detikcom, Senin (3/6/2024).

“Nanti dia lewat peredaran darah, itu kan dia muter Ke penyerapan dan masuk Ke arteri. Dipompa jantung dan masuk Ke ginjal. Ketika Ke ginjal, prinsip pembentukan dasar batu itu apabila Ke Di saluran ginjal itu terjadi kepekatan Ke atas normal dan itu terjadi utamanya kalau orang itu kurang minum,” sambungnya.

Tidak memenuhi asupan air putih Di keseharian masih menjadi salah satu faktor utama pembentukan batu ginjal. Menurut dr Rasyid, salah satu cara mencegah terjadinya batu ginjal adalah Di menjaga jumlah urine yang keluar tubuh Disekitar 2,5 liter.

Jumlah air putih yang perlu dikonsumsi bisa bervariasi tergantung Di Kegiatan yang dilakukan.

“Berapa kali minumnya? Tergantung Kegiatan. Kalau mau lebih gampang, warna urine itu bisa paling bagus mengingatkan orang. Kalau masih berwarna kita minumnya masih kurang,” kata dr Rasyid.

“Samping Itu penyebabnya juga bisa gangguan metabolisme, meski minum cukup bisa tetap terjadi batu Lantaran pencernaannya lebih menyerap Agar Ke darahnya zatnya (seperti asam urat dan kalsium oksalat) tinggi. Ketika tinggi, zatnya dibuang Ke ginjal, lalu terbentuk batu,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bukan Ulekan Batu, Ahli Kemakmuran Sebut Hal Sepele Ini Bisa Dari Sebab Itu Penyebab Batu Ginjal