https://infocakrawala.online
BPOM Tidak Temukan Natrium Dehidroasetat Hingga Roti Aoka, Ini Bahan Pengawet yang Dipakai - Hardiknas

BPOM Tidak Temukan Natrium Dehidroasetat Hingga Roti Aoka, Ini Bahan Pengawet yang Dipakai

BPOM tidak menemukan bahan pengawet natrium dehidroasetat Hingga roti Aoka. Produk PT Indonesia Bakery Family ini mengandung pengawet berbeda Didalam roti Okko. Foto/PT Indonesia Bakery Family

JAKARTA – Badan Pengawas Perawatan dan Konsumsi (BPOM) RI tidak menemukan bahan pengawet natrium dehidroasetat Hingga roti Aoka . Di laporannya, produk PT Indonesia Bakery Family (PT IBF) ini mengandung pengawet berbeda Didalam roti Okko.

Roti Okko yang diproduksi PT Abadi Rasa Food, Bandung Mutakhir-Mutakhir ini ditarik BPOM Didalam pasaran. Ini Lantaran ditemukan bahan pengawet berbahaya Sebagai Kesejajaran yakni natrium dehidroasetat.

BPOM memastikan, roti Aoka yang sempat dituduh mengandung bahan berbahaya, tidak mengandung bahan pengawet natrium dehidroasetat seperti Di roti Okko.

PLT Deputi Bidang Pengawasan Ketahanan Pangan Olahan Ema Setyawati mengatakan, roti Aoka sendiri memang menggunakan pengawet yang membuatnya bisa Konsisten Di 3 bulan.

Akan Tetapi, ia menyebut, bahwa roti Aoka menggunakan pengawet berupa natrium diasetat yang sudah Lewat kajian Keselamatan Dari BPOM.

“Kalau bapak ibu sekalian melihat roti Aoka, Hingga sana ada asam sorbat, Lalu ada natrium diasetat bukan natrium dihidroasetat ya. Nah, natrium diasetat itu sudah Memperoleh izin khusus Didalam BPOM. Berarti sudah dilakukan kajian keamanannya,” kata Ema Di jumpa pers secara daring, Kamis (25/7/2024).

Ema juga menjelaskan soal masa simpan roti Aoka yang memang mirip Didalam roti Okko, yakni hingga 3 bulan. Pasalnya, banyak Komunitas yang menganggap bahwa roti Aoka Memperoleh kandungan pengawet yang serupa Didalam roti Okko, Kendati Didalam kadar yang sedikit.

Akan Tetapi, Ema kembali menegaskan, bahwa roti Aoka sama sekali tidak memakai pengawet natrium dehidroasetat. Meski ada beberapa produk Ketahanan Pangan yang Memperoleh lebih Didalam satu jenis pengawet, ia menyebut, bahwa rasionya juga harus sesuai standar.

“Apakah Aoka ini menggunakan natrium dihidroasetat lebih rendah? Tidak. Aoka tidak menggunakan natrium dihidroasetat. Tapi menggunakan natrium diasetat yang berbeda Didalam natrium dihidroasetat,” jelasnya.

“Ada juga pengawet yang lain. Nah, kalau satu produk menggunakan lebih Didalam satu pengawet, maka ada proporsinya. Ada rasionya. Rasionya itu kalau dijumlahkan tidak boleh lebih Didalam satu. Kalau OKko kan tadi jelas ada menggunakan natrium dihidroasetat ya,” pungkasnya.

(dra)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: BPOM Tidak Temukan Natrium Dehidroasetat Hingga Roti Aoka, Ini Bahan Pengawet yang Dipakai