https://infocakrawala.online
Terancam Punah, Punya Kembaran Hingga Meksiko - Hardiknas
Wisata  

Terancam Punah, Punya Kembaran Hingga Meksiko



Yogyakarta

Gumuk Pasir Parangtritis terancam punah Lantaran terus Merasakan penyusutan. Destinasi seperti gumuk pasir ini cuma ada 2 Hingga dunia. Satu lagi ada Hingga Meksiko.

Gumuk Pasir Parangtritis ternyata cukup langka, Lantaran tipe yang sejenis itu cuma ada dua Hingga dunia. Akan Tetapi gumuk pasir itu kini terancam punah. Luasannya kini tinggal tersisa 17 hektar saja.

General Manager Badan Pengelola Geopark Jogja, Dihin Abrijanto menerangkan upaya konservasi Pada gumuk pasir Lagi dilakukan. Dia menyebut Di 1976 area gumuk pasir tercatat seluas 417 hektare dan kini hanya tersisa 17 hektare.


“Sekarang kita kerja sama Bersama pengelola kita Lagi proses menyusun percepatan konservasi gumuk pasir Lantaran gumuk pasir Parangtritis istimewa, Lantaran tipe barchan hanya ada dua Hingga dunia, DIY dan Meksiko,” kata Dihin Di ditemui Hingga Situs Gunung Gamping, Sleman, Senin (22/7/2024).

Dihin menerangkan Di masa 1976 silam, tinggi gumuk pasir Parangtritis mencapai 30 meter. Dia menduga menyusutkan kawasan gumuk pasir ini Lantaran keberadaan jip wisata dan kendaraan ATV, permukiman, los usaha hingga Kesalahan Individu pengelolaan Keputusan era terdahulu.

Dia menyebut jika tidak segera melakukan konservasi, maka lahan gumuk pasir itu bakal hilang. Pihaknya pun menggandeng pakar Bersama Universitas Gadjah Mada (UGM) Bagi melakukan kajian akademis.

“Bersama UGM mengatakan kalau gumuk pasir didiamkan atas Situasi Di ini, maka 20 tahun lagi kita tidak punya gumuk pasir, tinggal cerita Berencana hilang. Hilang Bagi permukiman, lalu vegetasi, dan kegiatan wisata berupa jip dan ATV,” ujarnya.

Dihin menerangkan karakter gumuk pasir berupa lahan yang gersang, kering, dan banyak angin. Akan Tetapi, Karya wisata itu dinilai membuatnya sulit terbentuk gumuk pasir.

“Karya jip bisa sampai pinggir pantai itu membuat tambah padat. Tipe barchan itu terbentuk Lantaran arah angin, kalau dibiarkan tanpa penghalang Berencana membentuk bulan sabit, tapi tidak Berencana terbentuk Pada ada kendaraan lewat situ. Mau terbentuk kelindes,” katanya.

Hingga sisi lain, keberadaan gumuk pasir Parangtritis juga dinilai unik. Sebab, material pasir itu ternyata berasal Bersama Gunung Merapi yang terbawa aliran sungai hingga akhirnya bermuara Hingga pantai selatan.

“Buktinya bahwa semua material gumuk pasir itu asalnya Bersama perut Merapi dan sampai hari ini proses geologinya masih terbentuk, masih berjalan. Dari zaman Pangeran Mangkubumi atau Sultan HB I poros Merapi gumuk pasir selalu diuri-uri Bersama labuhan Merapi dan Parangkusumo,” jelas dia.

——-

Artikel ini telah naik Hingga detikJogja.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Terancam Punah, Punya Kembaran Hingga Meksiko