https://infocakrawala.online
Agar Anak Tumbuh Optimal, Perhatikan 3 Pilar Pengasuhan Ini - Hardiknas

Agar Anak Tumbuh Optimal, Perhatikan 3 Pilar Pengasuhan Ini


Jakarta

Setiap orang tua tentu Mengharapkan anak mereka tumbuh menjadi pribadi unggul. Salah satu cara Sebagai mewujudkannya Di memperhatikan pola asuh sedari usia dini.

Guru besar sekaligus psikolog, Prof. Dr. Roes Mini Agoes Salim M.Psi, mengungkapkan orang tua zaman sekarang harus memperhatikan 3 pilar penting pengasuhan, yaitu Potensi-Atensi-Gizi, guna mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

“Agar anak-anak ini bisa tumbuh menjadi warga dunia yang multitalenta Di kecerdasan intelektual, emosi, dan spiritual yang sehat. Tetapi, diperlukan sinergi 3 pilar pengasuhan yaitu, Potensi-Atensi-Gizi yang sebaiknya diterapkan Dari orangtua Ke anaknya Dari usia dini,” ujarnya Di keterangan tertulis Morinaga, Jumat (12/7/2024).


Wanita yang akrab disapa Bunda Romy itu menjelaskan pilar potensi menyangkut bagaimana para orang tua mengetahui potensi yang dimiliki Dari anak, serta mengoptimalkannya, seperti modalitas belajar dan kecerdasan majemuk.

“Hal ini Akansegera membantu orang tua Di Menyediakan stimulasi yang tepat,” tuturnya.

Orang tua harus meyakini setiap anak terlahir Di potensi masing-masing sesuai generasinya, seperti dikutip Di laman firstthingsfirst. Tugas orang tua adalah Sebagai mengidentifikasi dan Menyediakan wadah stimulasi agar potensi tersebut berkembang optimal.

Apalagi Untuk Generasi Alfa sebagai penerus bangsa, yang dinilai punya bekal potensi besar Sebagai mengubah masa Di dunia menjadi lebih baik.

Mengutip McCrindle Research Generasi Alfa adalah anak-anak yang lahir Di tahun 2010 hingga 2024. Mereka tumbuh Ke era serba digital, Di pesatnya perkembangan Keahlian kecerdasan buatan (AI) dan derasnya arus informasi Lewat media sosial.

Biasanya, anak-anak Di Generasi Alfa ini Memperoleh karakteristik sebagai berikut:

● Menguasai Keahlian Dari dini,
● Terdidik secara digital,
● Ketergantungan Ke Keahlian,
● Mampu multitasking,
● Kreatif Di bermedia sosial,
● Memperoleh Keterlibatan sosial yang berbeda,
● Terbuka Di keberagaman.

Pilar Lanjutnya yaitu Atensi. Hal ini berkaitan Di perhatian dan pola pengasuhan. Di Situasi Ini orang tua memberi ruang Untuk anak Sebagai bertumbuh dan berkembang Di sehat secara holistik.

Pilar ini tak boleh Dikatakan remeh, ya Ayah dan Bunda. Sebab orang tua yang kurang Menyediakan atensi yang cukup Dari usia dini bisa berakibat fatal Untuk masa Di anak, lho.

“Sambil Itu pilar Gizi, mengacu Ke kebutuhan Gizi yang tepat Sebagai mendukung Kesejajaran fisik dan perkembangan kecerdasan anak,” jelas Bunda Romy.

Menurutnya, ketiga pilar ini saling berkesinambungan. Jika orang tua tidak bisa menggali potensi, tidak Menyediakan cukup atensi, dan mengabaikan kecukupan Gizi, maka Akansegera sulit Untuk anak Sebagai bisa bisa bertumbuh optimal sesuai minat, bakat dan kemampuannya. Anak juga berisiko tidak dapat Membuat dirinya serta bertumbuh Di baik, dan melewatkan berbagai kesempatan Sebagai masa depannya yang lebih baik.

“Agar tidak menyesal Ke Setelahnya Itu hari, penting Untuk orang tua Sebagai mengintegrasikan ketiga pilar ini secara efektif Dari usia dini Di seimbang. Agar anak dapat bertumbuh Di baik, dan kelak Ia bisa berdaya menggapai mimpi besar-nya,” ujar Bunda Romy.

Hal senada disampaikan Spesialis anak, konsultan tumbuh kembang sekaligus pediatri sosial, Dr. dr. Bernie Endyarni Medise, Sp.A(K), MPH Berkata ketiga pilar Potensi, Atensi dan Gizi perlu Digunakan Dari 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) anak atau yang sering disebut sebagai periode emas Di Kemajuan mereka.

Melansir laman thousanddays.org, seribu HPK adalah fase krusial Sebab terjadi perkembangan otak dan organ tubuh yang paling pesat. Ke masa ini, Di 86% sel saraf otak sudah selesai terbentuk.

“Periode ini penting Sebab menjadi cetak biru Kemajuan, perkembangan dan perilaku anak serta mempengaruhi apakah mereka Akansegera bertumbuh dan berkembang menjadi individu yang bisa mencapai potensinya, atau tidak. Sebab itu, orang tua perlu menggali Potensi anak, memberi Atensi Ke kebutuhannya dan memastikan kebutuhan Gizi anak tercukupi,” tuturnya.

Dia menekankan Pada periode emas ini Gizi memainkan peran vital. Menurutnya anak Ke usia 2 tahun pertama harus diberikan gizi yang seimbang, mulai Di karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pemenuhan gizi ini sebagai modal Sebagai mendukung Kemajuan fisik yang sehat serta sistem imunitas tubuh yang kuat, hingga kecerdasan anak.

“Idealnya, Setelahnya usia satu tahun, 70% kebutuhan Gizi anak harus berasal Di Minuman padat, Sambil Itu 30% sisanya dapat dipenuhi Lewat lanjutan pemberian ASI dan/atau susu Kemajuan. Hal ini Sebagai memastikan gizi anak terpenuhi. Di Itu, orang tua harus selalu Menyediakan stimulasi yang tepat Sebagai mendukung tumbuh-kembang anaknya optimal,” imbuh dr. Bernie.

Perlu Ayah dan Bunda ketahui, ketika bayi dilahirkan, mereka dibekali 100 miliar neuron yang siap melakukan sambungan antar sel, sebagaimana dikutip Di laman firstthingsfirst.

Apabila pemenuhan gizi dan stimulasi bayi kurang, maka dapat menurunkan Kecepatanakses perkembangan otak yang sangat erat korelasinya Di perkembangan otak serta menghambat perkembangan dan kecerdasan Ke Setelahnya Itu hari.

Sebab itu, orang tua disarankan Menyediakan susu Kemajuan Ke Di pemberian gizi utama, Sebagai mendukung kecerdasan otak anak, daya Konsisten tubuh, serta Kemajuan otak anak yang optimal.

Yang Berhubungan Di hal ini, Medical Head Kalbe Nutritionals, dr. Muliaman Mansyur mengingatkan orang tua agar tidak salah pilih susu. Dia menyarankan orang tua Sebagai Menyediakan susu yang tinggi Akansegera kandungan AA dan DHA, kolin dan zat besi, serta protein alfa-laktalbumin yang kaya Akansegera asam amino triptofan dan sistein Sebagai membantu regulasi waktu tidur dan proses pembentukan hormon Kemajuan agar anak lebih tinggi.

“Di Itu, susu yang dilengkapi Di probiotik Triple Bifidus yang mendukung Kesejajaran saluran cerna dan daya Konsisten tubuh dan mengandung laktoferin yang telah terbukti secara klinis dapat Memperbaiki daya Konsisten tubuh Di Memangkas kejadian Penyakit Menyebar saluran nafas (ISPA) dan Penyakit Menyebar saluran cerna Ke anak,” terangnya.

Mendukung penerapan tiga pilar pengasuhan, Kalbe Nutritionals hadir Sebagai membantu orang tua Di memenuhi kebutuhan Gizi harian anak Ke masa tumbuh kembangnya Lewat Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum.

Produk susu Kemajuan ini bisa membantu orang tua zaman now Ke abad Ke-21 Sebagai menjawab berbagai tantangan pengasuhan Ke Ditengah pesatnya kemajuan zaman.

“Kami memahami pentingnya peran Gizi sebagai Pada Di 3 pilar penting pengasuhan. Kini hadir Di formula Terbaru, Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum Memperoleh kandungan unggulan yang dapat secara optimal mendukung tumbuh kembang anak generasi platinum Ke periode emasnya,” ungkap dr. Muliaman.

3 Pilar Penting Sebagai Dukung Tumbuh Kembang Anak Foto: dok. Morinaga

Sebagai diketahui, Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum Memperoleh berbagai kandungan unggulan yang dapat mendukung perkembangan otak Di kandungan Brain care (Tinggi AA, DHA, Omega 3&6, Kolin, Alfa-laktalbumin, dan Fosfolipid) Sebagai kecerdasan multitalenta.

Ke Di itu juga Memperoleh kandungan Body Defense (Triple bifidus, Vitamin A&C, Prebiotik GOS, dan Laktoferin) yang bekerja optimal menjaga daya Konsisten tubuh ganda anak, serta memperhatikan Kemajuan fisik anak yang optimal Di kandungan Body Growth (Protein, Kalsium, dan Vitamin D).

“Kami juga mengerti pentingnya ancaman diabetes atau obesitas Ke anak. Sebab itu, susu Kemajuan Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum tidak menggunakan gula atau pemanis buatan, Agar orang tua tidak perlu khawatir Akansegera ancaman bahaya gula yang dapat menyebabkan obesitas atau gangguan metabolik lainnya Ke anak Pada mereka dewasa nanti,” pungkas dr. Muliaman Mansyur.

Agar anak bertumbuh dan berkembang Di optimal serta orang tua bisa Dukung Mimpi Besar-nya terwujud, pastikan ketiga pilar pengasuhan -Potensi, Atensi, Gizi- terpenuhi Di seimbang dan jangan sampai terlambat, Sebab #WaktuTakBisaKembali.

Untuk Ayah dan Bunda yang ingin mengetahui informasi Yang Berhubungan Di susu Kemajuan anak terlengkap Di Kalbe Nutritionals, Morinaga ChilKid Platinum dan ChilSchool Platinum, Di Berkunjung Ke laman ini.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Agar Anak Tumbuh Optimal, Perhatikan 3 Pilar Pengasuhan Ini