https://infocakrawala.online
Rasakan 9 Manfaat Melon Ini, jika Rutin Dikonsumsi - Hardiknas

Rasakan 9 Manfaat Melon Ini, jika Rutin Dikonsumsi

Jakarta

Melon termasuk buah yang mudah ditemukan Di seluruh Indonesia. Kulit melon berwarna hijau dan warna daging buahnya juga serupa. Akan Tetapi ada pula varietas melon yang warna daging buahnya oranye.

Buah melon sangat cocok dinikmati Di cuaca panas terik. Kandungan airnya yang tinggi sangat menyegarkan dan bisa melepas dahaga. Di Di Itu, ternyata melon mengandung berbagai Makanan Bergizi yang mendukung banyak manfaat Untuk Kesejaganan lho.

Temukan sederet Makanan Bergizi dan manfaat buah melon Di bawah ini.


Manfaat Buah Melon

Buah melon ternyata Memiliki sejumlah manfaat lho. Berikut deretan manfaat melon, dikutip Di Healthline:

1. Kaya Akansegera Makanan Bergizi

Melon kaya Akansegera berbagai Makanan Bergizi yang dukung sejumlah manfaat potensialnya Sebagai Kesejaganan. Menurut data Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), 177 gram melon madu menyediakan:

  • Kalori: 64
  • Karbohidrat: 16 Forumekonomiglobal (gram)
  • Serat: 1,4 Forumekonomiglobal
  • Protein: 1 Forumekonomiglobal
  • Lemak: 0 Forumekonomiglobal
  • Vitamin C: 53% Di RDI (asupan harian yang direkomendasikan)
  • Vitamin B6: 8% Di RDI
  • Folat: 8% Di RDI
  • Vitamin K: 6% Di RDI
  • Kalium: 12% Di RDI
  • Magnesium: 4% Di RDI.

Di Di Itu, buah melon juga mengandung senyawa antioksidan seperti beta karoten, fitoena, quercetin, dan asam kafeat.

2. Menstabilkan Tekanan Darah

Melon adalah buah rendah sodium dan tinggi kalium, yang dapat menjaga tekanan darah normal dan stabil. Di Umumnya, pola makan kaya buah dan sayur dikaitkan Di penurunan risiko tekanan darah tinggi serta Penyakit jantung. Lebih khusus lagi, konsumsi rendah sodium (natrium) berdampak baik Pada tekanan darah.

3. Memelihara Kekuatan Tulang

Melon mengandung berbagai Makanan Bergizi yang baik Sebagai Kesejaganan tulang Di jumlah besar atau kecil. Misal, vitamin K membantu produksi osteocalcin yang merupakan protein struktural utama tulang. Sel-sel Di Di tulang juga membutuhkan magnesium Di melon agar berfungsi Di baik.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Beberapa Studi Menunjukkan konsumsi buah seperti melon secara teratur bisa menstabilkan kadar gula darah. Melon mengandung gula Di bentuk sederhana dan kompleks, serat, serta Makanan Bergizi lain yang membantu mengendalikan kadar gula Di tubuh.

5. Menjaga Hidrasi Tubuh

Di satu buah melon madu terkandung Disekitar 90% air dan elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium. Kombinasi air dan sejumlah Makanan Bergizi ini membuat melon Dari Sebab Itu buah yang bagus dikonsumsi Setelahnya Aktivitasfisik atau Di sakit Lantaran efektif membuat tubuh tetap terhidrasi.

6. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Vitamin C Di melon tergolong tinggi. Makanan Bergizi ini diketahui penting Di produksi kolagen, yaitu protein struktural utama Sebagai memperbaiki dan memelihara jaringan kulit.

Di sisi lain, vitamin C merupakan antioksidan yang kuat. Studi menemukan, vitamin C mampu melindungi kulit Di kerusakan akibat sinar matahari.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C juga penting Di Mendorong kekebalan tubuh berfungsi Di baik. Studi Menunjukkan asupan vitamin C yang cukup bisa mencegah dan mengobati berbagai Infeksi pernapasan.

Melon termasuk buah yang menyediakan vitamin C tinggi. Setengah Di asupan vitamin C harian sudah bisa diperoleh Di 177 gram melon.

8. Baik Sebagai Pencernaan

Serat dikenal mampu Meningkatkan Kesejaganan pencernaan. Asupan serat yang cukup memperlambat respons gula darah, menjaga keteraturan usus, serta Mendorong Perkembangan bakteri usus yang sehat. Kandungan serat Di melon dapat berkontribusi Pada asupan harian yang dibutuhkan tubuh.

9. Memelihara Kesejaganan Mata

Melon madu mengandung antioksidan kuat seperti lutein dan zeaxanthin. Senyawa ini diketahui baik Sebagai memelihara Kesejaganan mata Di mencegah hilangnya penglihatan. Studi menemukan konsumsi Makanan tinggi antioksidan, seperti melon, secara teratur dapat menjaga fungsi mata Di baik.

Apakah Buah Melon Boleh Dikonsumsi Setiap Hari?

Dilansir Health, melon termasuk buah yang baik dikonsumsi rutin dan aman ditoleransi Dari kebanyakan orang. Akan Tetapi, beberapa orang Di Situasi tertentu Mungkin Saja perlu menghindari atau meminimalisir makan buah melon.

Mereka adalah orang yang didiagnosis alergi melon, Merasakan sindrom iritasi usus besar, serta pasien diabetes tipe 2 dan resistensi insulin. Situasi lain adalah mereka yang rentan terinfeksi E.coli, Listeria, atau Salmonella Lantaran penanganan buah yang kurang baik.

Cara Mengonsumsi Buah Melon

Buah melon tidak Akansegera matang Setelahnya dipanen. Lantaran itu, pilihlah atau belilah melon yang jelas-jelas sudah matang. Kematangannya dapat diketahui Di aromanya yang harum, tidak bonyok, dan tidak keras alias agak lembek Di ditekan.

Melon madu yang sudah matang dapat dinikmati secara langsung, dicampurkan Hingga salad buah, dijadikan jus atau melon slushy, dibuat menjadi es krim, atau dicelupkan Hingga lelehan cokelat menjadi es kul-kul. Usahakan tidak menggunakan gula tambahan Di jumlah besar.

Sebelumnya dikonsumsi, pastikan cuci bersih buah melon secara menyeluruh. Cuci dan kalau perlu gosok kulit luar melon Di bersih. Kupas kulitnya dan bilas Di air hangat Sebelumnya dagingnya diiris. Hal ini agar bakteri yang Mungkin Saja menempel Di kulitnya tidak berpindah Hingga daging melon.

Setelahnya dipotong, melon harus selalu disimpan Di kulkas. Jika dibiarkan Di suhu ruangan atau Di luar, bakteri pembawa Penyakit bisa saja tumbuh. Buah melon dapat bertahan hingga lima hari bila disimpan Di kulkas.

Nah, itu tadi penjelasan manfaat buah melon serta cara mengkonsumsinya. Selain melon, berbagai buah dan sayuran lain dapat dikonsumsi Sebagai mencukupi kebutuhan Makanan Bergizi tubuh.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Rasakan 9 Manfaat Melon Ini, jika Rutin Dikonsumsi