https://infocakrawala.online
Simbol Kedaulatan Energi, Kepala Negara Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila Ke Blok Rokan - Hardiknas

Simbol Kedaulatan Energi, Kepala Negara Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila Ke Blok Rokan

Kepala Negara RI Joko Widodo didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati usai upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Ke Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau Ke (1/6/2024). (Foto dok Pertamina)

JAKARTA – Kepala Negara Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang dipusatkan Ke Blok Rokan. Upacara yang dihadiri ribuan peserta ini dilaksanakan Ke Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan Ke Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Seperti diketahui, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menunjuk Blok Rokan sebagai lokasi Kegiatan puncak peringatan Harlah Pancasila 2024 Lantaran merupakan simbol ketahanan energi negeri. Hal tersebut diharapkan dapat Memperbaiki semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa.

Kepala Negara Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) Di sambutannya mengatakan kita harus aktif Memutuskan alih kembali aset-aset strategis bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya Sebagai Kesejajaran rakyat, salah satunya adalah Blok Rokan Ke Riau, tempat yang digunakan Sebagai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyapa Perwira Pertamina usai upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 Ke Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

“Setelahnya saham mayoritas Freeport kita ambil alih, Setelahnya Itu kita ambil alih Blok Rokan yang merupakan blok migas paling produktif Di sejarah perminyakan Indonesia yang sudah dikelola perusahaan Asing Caltex dan Chevron Pada 97 tahun,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, kehadiran Pancasila diharapkan menjadi pembebas Di ketergantungan kita Ke pihak Asing.

“Saya Merasakan laporan Di Dirut Pertamina bahwa produksi Ke Blok Rokan sudah mencapai 162 ribu barrel per hari. Ini lebih tinggi Di Di alih kelola dan merupakan 25 persen Di seluruh produksi nasional. Dari Sebab Itu Blok Rokan ini adalah blok paling besar,” kata Jokowi menambahkan.

Jokowi menegaskan bahwa pengambilalihan Freeport dan Blok Rokan hanyalah sedikit contoh semangat Di seluruh upaya kita Sebagai kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi Sebagai mengamalkan Pancasila Di kehidupan nyata membangun ekonomi yang berpihak kepada kepentingan nasional, berdiri Ke atas kekuatan kita sendiri.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan Blok Rokan memegang peran penting Di pembangunan kedaulatan, ketahanan dan kemandirian energi nasional.

“Blok Rokan merupakan salah satu tulang punggung energi nasional yang dikelola Pertamina Sebelum tahun 2021. Sebagai BUMN, Pertamina menjalankan Usaha energi berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila,” ujar Nicke.

Blok Rokan, imbuh Nicke, juga menjadi simbol semangat nasionalisme, kebanggaan dan persatuan bangsa. Blok Rokan yang Pada puluhan tahun dikuasai Asing, akhirnya bisa kembali Hingga pangkuan Ibu Pertiwi.

“Pertamina bersama putra-putri terbaik bangsa berhasil mengelola Blok Rokan secara profesional sesuai Di standar pengelolaan energi kelas dunia. Ini menjadi kebanggaan dan simbol kedaulatan Negeri Ke bidang energi. Sebagai bangsa kita mampu mengelola blok besar dan mampu bersaing Di perusahaan energi Dunia,” imbuh Nicke.

Ke Di yang sama, sambung Nicke, Pertamina juga harus mengelola energi secara berkeadilan. Hasil Energi Di blok migas mesti diolah Sebagai menghasilkan produk berkualitas dan didistribusikan Di adil Hingga seluruh pelosok negeri.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin Ke bidang transisi energi, berkomitmen Di mendukung target Net Zero Emission 2060 Di terus Mendorong Langkah-Langkah yang berdampak langsung Ke capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan Di penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) Ke seluruh lini Usaha dan operasi Pertamina.

(ars)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Simbol Kedaulatan Energi, Kepala Negara Jokowi Peringati Hari Lahir Pancasila Ke Blok Rokan