https://infocakrawala.online
Situs Resmi IKN Tak Bisa Diakses, Terkena Dampak Gangguan PDN - Hardiknas

Situs Resmi IKN Tak Bisa Diakses, Terkena Dampak Gangguan PDN

Situs resmi Ibu Kota Nusantara (IKN) sempat terdampak Bersama serangan ransomware Pusat Data Nasional. Foto: Sindonews/Danang Arradian

JAKARTA – Situs resmi Ibu Kota Nusantara (IKN) Bersama alamat ikn.go.id sempat Merasakan gangguan akses akibat masalah Di Pusat Data Nasional (PDN) akhir pekan lalu. Gangguan ini juga berdampak Di berbagai layanan publik lainnya, termasuk sistem Mobilitas Penduduk Internasional Di Bandara Soekarno-Hatta yang menyebabkan antrean panjang.

Perawatan Situs Resmi IKN

Di diakses Di Jumat (21/6), situs resmi IKN menampilkan pemberitahuan bahwa website Otorita IKN Lagi Untuk Perawatan akibat gangguan Di kesisteman PDN. Pihak Otorita IKN menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan berjanji Berencana segera memulihkan layanan secepat Bisa Jadi.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, mengonfirmasi bahwa gangguan tersebut disebabkan Dari masalah Di PDN. “Iya, sepertinya Lantaran masih terjadi gangguan Di Pusat Data Nasional (PDN) kita Agar berdampak Ke website IKN juga,” ujarnya Di dikonfirmasi.

Sambil Itu, Di SINDONews kembali mengecek hari ini, Selasa (25/6), situs resmi IKN tampak sudah berfungsi Bersama normal dan dapat diakses kembali.

Gangguan Sistem Mobilitas Penduduk Internasional dan Layanan Publik Lainnya

Gangguan Di PDN tidak hanya berdampak Di situs resmi IKN, tetapi juga Di layanan Mobilitas Penduduk Internasional Di seluruh Indonesia. Antrean panjang terjadi Di Bandara Soekarno-Hatta akibat gangguan sistem Mobilitas Penduduk Internasional. Di Di Itu, diperkirakan lebih Bersama 50 layanan publik lainnya juga terdampak.

Chairman Lembaga Kajian Keselamatan Siber CISSReC, Pratama Persadha, Mengungkapkan bahwa gangguan ini kemungkinan disebabkan Dari beberapa faktor, seperti gangguan suplai listrik, kerusakan server, gangguan Sambungan Duniamaya, atau Malahan serangan siber seperti DDoS (Distributed Denial of Service) atau ransomware.

Insiden ransomware ini menyoroti pentingnya Keselamatan siber Untuk menjaga kelancaran layanan publik. Pusat data nasional merupakan infrastruktur kritis yang menyimpan data-data penting pemerintah dan Kelompok. Maka Itu, perlu adanya langkah-langkah Pra-Penanganan dan penanganan yang efektif Sebagai melindungi pusat data Bersama berbagaiancamansiber.

(dan)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Situs Resmi IKN Tak Bisa Diakses, Terkena Dampak Gangguan PDN