8 Minuman Pemicu Gula Darah Tinggi, Ada Roti Tawar-Kentang Goreng

Jakarta

Gula darah tinggi, atau yang disebut juga sebagai hiperglikemia, adalah Kemakmuran ketika kadar gula Di darah Meresahkan hingga Ke atas batas normal. Kemakmuran ini merupakan salah satu faktor yang dapat Meningkatkan risiko Gangguan kronis, termasuk diabetes tipe 2.

Biasanya, batas normal kadar gula darah puasa normal Di orang dewasa berada Ke angka 70-100 miligram/desiliter. Tetapi Di pengidap hiperglikemia, kadar gula darah bisa Meresahkan jauh Ke atas batasan tersebut.

Salah satu faktor yang bisa memicu kenaikan kadar gula darah adalah Minuman. Sebab, ada beberapa Minuman bisa memicu lonjakan gula darah secara signifikan, atau memengaruhi kinerja hormon insulin Di memecah gula darah menjadi sumber energi.


Karenanya, penting Untuk pengidap gula darah tinggi Sebagai menghindari konsumsi Minuman-Minuman tersebut. Lantas, apa saja jenis Minuman yang Karena Itu pantangan Untuk gula darah tinggi? Dikutip Di berbagai sumber, berikut daftarnya.

1. Minuman Manis

Salah satu Minuman yang tentunya harus dihindari Di pengidap gula darah tinggi adalah Minuman manis atau yang mengandung gula tinggi. Alasannya jelas, Sebab Minuman tersebut dapat menyebabkan kenaikan gula darah yang sangat signifikan.

Selain yang mengandung gula, hindari pula Minuman dan minuman yang ditambahkan pemanis buatan, termasuk Ke antaranya camilan ringan, permen, minuman Pola Makan, dan minuman bersoda.

2. Olahan Daging

Olahan daging Memiliki kandungan lemak jenuh dan garam yang sangat tinggi. Sejumlah Studi menemukan konsumsi Minuman yang tinggi lemak jenuh dan garam dapat Meningkatkan risiko berbagai Gangguan kronis, salah satunya diabetes tipe 2.

Karenanya, orang yang mengidap gula darah tinggi disarankan Sebagai membatasi konsumsi Minuman olahan daging.

3. Nasi Putih

Nasi putih termasuk Ke Di Minuman Di indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik adalah indikator yang Menunjukkan seberapa cepat Minuman berkarbohidrat menyebabkan kenaikan gula darah. Lebihterus tinggi angkanya, Lebihterus cepat pula Minuman tersebut memicu lonjakan gula darah.

Selain bisa memicu lonjakan gula darah Di cepat, nasi juga mengandung karbohidrat sederhana yang dapat memengaruhi kadar gula Di darah. Sebab, karbohidrat sederhana dapat dicerna Di cepat Di tubuh. Hal ini membuat tubuh cepat merasa lapar, dan cenderung mengonsumsi Minuman tinggi karbohidrat dan gula Di waktu makan berikutnya Sebagai mengembalikan energi.

4. Roti Tawar

Selain nasi putih, roti tawar juga menjadi salah satu Minuman yang perlu dibatasi Di pengidap gula darah tinggi. Pasalnya, Minuman ini dapat menyebabkan lonjakan gula darah Di sangat cepat.

Seperti halnya nasi, roti tawar juga Memiliki indeks glikemik tinggi. Tak hanya itu, kandungan karbohidrat sederhana Di roti tawar dapat dicerna Di mudah Di tubuh, Supaya bisa menyebabkan kenaikan gula darah secara signifikan.

5. Yogurt Tinggi Gula

Yogurt memang merupakan salah satu camilan yang menyehatkan. Tetapi, ada beberapa jenis yogurt yang ternyata tidak baik dikonsumsi Di pengidap gula darah tinggi.

Pasalnya, beberapa merek yogurt menggunakan pemanis buatan atau perisa sintetik Sebagai menambah cita rasanya. Karenanya, usahakan Sebagai selalu memilih yogurt plain atau yang tidak ditambahkan gula serta pemanis lainnya.

6. Kentang Goreng

Meski tidak mengandung gula, kentang goreng juga termasuk pantangan Untuk pengidap gula darah tinggi. Pasalnya, kentang Memiliki karbohidrat dan indeks glikemik tinggi, Supaya dapat memengaruhi kadar gula darah.

Ke Di Itu, kentang goreng juga mengandung lemak jenuh dan kalori tinggi yang dapat Meningkatkan risiko obesitas. Beberapa Studi Menunjukkan orang yang Merasakan obesitas Memiliki risiko berkali-kali lipat lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

7. Dressing Salad

Pengidap gula darah tinggi juga harus berhati-hati Di memilih dressing Sebagai salad. Sebab, beberapa saus dressing mengandung natrium, karbohidrat, lemak, dan kalori tinggi yang bisa berdampak Di kadar gula darah dan Kesejajaran.

Sebagai gantinya, pilihlah saus salad berbahan dasar Migas zaitun, Migas alpukat, atau Migas nabati lainnya sebagai alternatif yang lebih menyehatkan.

8. Buah Kering

Buah kering sebenarnya camilan yang cukup menyehatkan. Tapi jika dikonsumsi secara berlebihan, buah kering bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang sangat signifikan.

Ketika buah Lewat proses pengeringan, kandungan kalori dan gula yang ada Ke dalamnya menjadi lebih padat. Karenanya, buah kering bisa menyebabkan kenaikan gula darah yang lebih besar dibandingkan mengonsumsi buah segar Di porsi yang sama.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 8 Minuman Pemicu Gula Darah Tinggi, Ada Roti Tawar-Kentang Goreng