Bisnis  

7 Bank Rusia yang Dijegal Hukuman Politik Barat, Kini Diblokir Didalam SWIFT

Tujuh bank Rusia yang dilarang menggunakan SWIFT. FOTO/Reuters

JAKARTA – SWIFT telah melarang Pada sejumlah bank Rusia sebagai bentuk Hukuman Politik Uni Eropa dan Negeri-Negeri Barat akibat invasinya Hingga Ukraina. Tetapi Hukuman Politik tersebut menuai pro kontra Lantaran Dikatakan Berpeluang melanggar hukum internasional.

Melewati Hukuman Politik tersebut, Barat menghalangi akses Rusia Hingga sistem pemrosesan transaksi keuangan SWIFT. SWIFT digunakan Didalam ribuan lembaga keuangan Di lebih Didalam 200 Negeri, Sebelumnya termasuk Rusia, dan menyediakan sistem pengiriman pesan yang aman Untuk memfasilitasi Peralihan uang lintas batas.

Menurut Asosiasi SWIFT Nasional Rusia, Disekitar 300 bank menggunakan SWIFT Di Rusia, Didalam lebih Didalam separuh lembaga kredit Rusia terwakili Untuk SWIFT. Rusia Memperoleh basis Pemakai tertinggi kedua Sesudah Amerika Serikat.

Melansir Didalam Reuters, Rusia dilarang menggunakan SWIFT Di awal invasi Hingga Ukraina. Tetapi, Uni Eropa mengecualikan tujuh bank Rusia Didalam sistem pengiriman SWIFT, tetapi tidak memasukkan bank-bank yang menangani pembayaran energi.

Negeri-Negeri anggota Uni Eropa lainnya enggan, Lantaran pemberi pinjaman Eropa Memperoleh eksposur bank Foreign senilai USD30 miliar kepada Rusia. Jerman menahan diri Untuk tidak Menerbitkan Rusia Lantaran gas Rusia menyumbang sebagian besar suplai energi Hingga Jerman dan Pada Eropa lainnya.

Gagasan Hukuman Politik Rusia juga diinisasi Didalam Pemimpin Negara AS Joe Biden bahwa saknsi tersebut dijalankan tanpa harus seluruh Negeri-Negeri Eropa setuju. Amerika Serikat juga memberlakukan Hukuman Politik lain Pada Rusia, yang menargetkan perbankan, Ilmu Pengetahuan, hingg merembet Hingga sektor lainnya.

Uni Eropa, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat akhirnya setuju Untuk menghapus tujuh bank Rusia Didalam sistem pesan SWIFT. Berikut tujuh bank Rusia yang dilarang menggunakan SWIFT dikutip SINDOnews Didalam beragam sumber, Sabtu (1/6/2024).

1. Otkritie Bank

Otkritie Bank menduduki Pangkat pertama Di Di bank-bank swasta Didalam Pangkat Hingga-4 berdasarkan aset Di Di kelompok-kelompok perbankan Di Rusia. Otkritie sempat menjadi bank swasta terbesar Di Rusia Di akhir 2014 Didalam membeli obligasi senilai 625 miliar rubel Didalam perusahaan Energi Negeri, Rosneft.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: 7 Bank Rusia yang Dijegal Hukuman Politik Barat, Kini Diblokir Didalam SWIFT